ikut bergabung

Puskesmas Moncobalang Miliki Sarana Air Bersih dan Sanitasi Ramah Disabilitas dan Perempuan, Hasil Program WASHFIt


TINJAU. Perwakilan Deputi Representatif Unicef Indonesia Jean Nsonjiba Lokenga bersama Pj Sekkab Gowa Abdul Karim Dania meninjau sarana air bersih dan sanitasi Puskesmas Moncobalang hasil program WASHFIt. (foto/sar)

Sulsel

Puskesmas Moncobalang Miliki Sarana Air Bersih dan Sanitasi Ramah Disabilitas dan Perempuan, Hasil Program WASHFIt

GOWA, UJUNGJARI.COM — Rehabilitasi sarana air dan sanitasi program WASHFIt merupakan program kerjasama antara Yayasan LemINA Sulsel dengan Pemprov Sulsel, Pemkab Gowa atas Dukungan Unicef dan USAID.

Program ini telah usia dan hasilnya resmi diserahkan pengelolaannya kepada Pemkab Gowa melalui Puskesmas Moncobalang, Kecamatan Barombong. Penyerahan itu dilakukan Kepala Kantor Perwakilan Unicef Sulawesi dan Maluku Henky Widjaya kepada Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan diwakili Pj Sekretaris Kabupaten Gowa Abdul Karim Dania di Puskesmas Moncobalang, Selasa (20/2) siang.

Penyerahan ini disaksikan Perwakilan Deputi Representatif Unicef Indonesia Jean Nsonjiba Lokenga, Ketua Yayasan LemINA Suhartini diwakili Andi Bunga Tongeng, jajaran Kepala Dinas terkait lingkup Pemkab Gowa, Camat Barombong Abd Rachman, Kepala Puskesmas Moncobalang NS Abd Latif serta para Lurah dan Kepala Desa dan Kepala Lingkungan dan Kepala Dusun se Barombong.

Dalam kesempatan hadir, Perwakilan Deputi Representatif Unicef Indonesia Jean Nsonjiba Lokenga, mengatakan program ini telah dikerjasamakan di tiga provinsi di Indonesia yakni Aceh, Papua dan Sulawesi Selatan.

“Unicef disini mendukung beberapa program strategis dunia, bukan hanya terkait air bersih dan sanitasi tapi juga meningkatkan hak-hak anak lainnya seperti perlindungan anak, pendidikan anak dan lainnya. terkait program air bersih dan sanitasi, Unicef berharap bahwa perbaikan sarana air dan sanitasi yang dilakukan di Puskesmas bisa menjadi inspirasi yang bisa diteruskan dan dikembangkan ke layanan kesehatan lainnya. Dan secara khusus di Puskesmas Moncobalang ini telah dibangun satu menara air bersih dan toilet inklusi yang sangat ramah bagi disabilitas dan gender, ” kata Jean diterjemahkan oleh Wildan Setiabudi
WASH Program Officer Unicef.

Baca Juga :   Bupati Sidrap Bersama Sekda dan Inspektur Kabupaten Hadiri Rakor PKT 2022

Disebutkan Wildan, Jean yang berasal dari Kongo ini sudah 10 bulan berada di Indonesia dan memgembangkan program sarana air bersih dan sanitasi Unicef di tiga provinsi di Indonesia.

Jean mengakui jika sarana air dan sanitasi sebagai fasilitas kesehatan primer di Indonesia, masih sangat rendah. Menurut Jean, fasilitas Puskesmas di Indonesia belum memiliki fasilitasi yang layak tak terkecuali di Kabupaten Gowa juga daerah lainnya di Sulsel.

“Kita berharap apa yang kita lakukan di Gowa ini bisa dikembangkan di daerah lainnya di Sulsel. Yang kita lakukan di Gowa ini di Puskesmas Moncobalang hanya perbaikan yang secara nominal bukan kapasitas besar. Dan yang kita mau sampaikan sebenarnya dari program ini adalah dengan perbaikan-perbaikan sederhana ini bisa meningkatkan kualitas pelayanan dari Puskesmas secara keseluruhan jadi bukan hanya pada air dan sanitasinya, ” kata Jean.

dibaca : 237

Laman: 1 2 3



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top