ikut bergabung

Teguh Iswara Suardi Pemateri Bersama Tiga Professor di Seminar Internasional

Pendidikan

Teguh Iswara Suardi Pemateri Bersama Tiga Professor di Seminar Internasional

BARRU, UJUNGJARI— Seminar Internasional yang dihelat Universitas Muhammadiyah( Unismuh) Barru menampilkan empat pemateri yang terdiri dari tiga Professor dan satu Arsitek muda bergelar Magister lulusan Belgia, Teguh Iswara Suardi, ST. M.Sc. Ke empatnya menjadi pemateri seminar internasional bertajuk “Optimalization of Recources in the Digital Era”, yang digelar di aula Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Barru, kelurahan Lalolang, kecamatan Tanete Rilau, kabupaten Barru,Ahad (28/1/2024).

Selain Teguh, 3 orang profesor dari universitas ternama di Indonesia dan dari luar negeri turut memberi materi dalam seminar tersebut yaitu, Prof. Samer Ali Al-Shami, Phd( Universit Teknikal Malaysia Melaka), Prof Dr Akhsanul In’am, P.hd( Guru Besar Matematika UMM Malang) dan Prof. Dr. Mansur Razak, SE. MM.( Direktur Program Pasca Sarjana Universitas Handayani Makassar)

Seminar internasional itu sendiri diikuti oleh para dosen dan mahasiswa Unismuh Barru, serta ratusan tenaga pendidik SD dan SMP sekabupaten Barru.

Dalam materinya, Teguh yang merupakan lulusan Magister Teknik Belgia ini memaparkan beberapa potensi yang dimiliki kabupaten Barru. Dimana Barru memiliki garis pantai terpanjang di Sulawesi selatan dan juga terdiri dari 3 sisi topografi mulai dari laut, daratan dan pegunungan. Sehingga ada banyak hal yang digali dari potensi tersebut.

Kemudian terkait dengan pendidikan, putra ketiga Bupati Barru Suardi Saleh dengan Almarhumah Hasnah Syam ini menjelaskan bahwa kualitas suatu bangsa pasti bertumpu pada kualitas pendidikan itu sendiri. Sehingga secara pribadi menurut dia, merasa bangga dengan adanya universitas di kabupaten Barru, yaitu Universitas Muhammadiyah.

Baca Juga :   Sekda Abustan Beri Kuliah Perdana Mahasiswa Baru UNHAS Kelas Vokasi Barru

“Pendidikan seharusnya mampu menjadi alat untuk membentuk pribadi-pribadi yang siap menghadapi problematika pribadi, sosial, berbangsa dan bernegara untuk saat ini dan untuk masa depan,” kata Teguh.

Teguh awalnya berprofesi sebagai arsitek dan dosen yang kini terjun kepolitik menjelaskan bahwa pendidikan harus memiliki arah yang jelas dengan rencana jangka pendek maupun jangka panjang, sesuai dengan potensi yang ada di Barru.

“Seperti kita ketahui bahwa dikabupaten Barru sebahagian besar potensinya adalah pertanian sehingga pendidikan harusnya dapat mensuport potensi pertanian tersebut,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Teguh juga mengajak para mahasiswa untuk memanfaatkan peluang pendidikan yang lebih tinggi dengan adanya kesempatan memperoleh beasiswa baik dari pemerintah kabupaten, provinsi maupun pusat.

dibaca : 101

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Pendidikan


Populer Minggu ini

Arsip

To Top