ikut bergabung

PDAM Makassar Pengelola Sementara IPAL Losari, 74 Sambungan Rumah Diuji Coba

Berita

PDAM Makassar Pengelola Sementara IPAL Losari, 74 Sambungan Rumah Diuji Coba

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM–Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Losari telah diserahkan pengelolaan sementaranya kepada Pemerintah Kota Makassar. Pengelolaan sementara kini dikoordinir oleh Perumda Air Minum (PDAM) Kota Makassar.

Direktur Air Limbah PDAM Makassar Ayman Adnan, Senin (29/1) mengatakan rencananya peresmian aset IPAL akan dihadiri langsung Presiden Joko Widodo. Sebanyak 23 personel yang ditugaskan di lokasi tersebut, mereka bertugas secara bergantian dengan sistem shift.

“Kami masih menunggu, kemarin kan direktur sanitasi sampaikan kalau peresmiannya menunggu jadwal presiden,” ucap Ayman Adnan.

Untuk pengelolaan IPAL Losari ke depan Pamerintah Kora Makassar harus mempertegas instansi pengelola melalui regulasi.

Sebab kata Ayman, regulasi yang ada sekarang ini yakni Perda Nomor 1 tahun 2016 tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik belum menentukan pengola tetap.

“Dalam perda itu dikatakan Pemda bisa menunjuk UPTD atau perusda untuk mengelola. Jadi ada kata atau, masih sengketa, bisa dua duanya atau salah satunya,” ungkapnya.

Aiman menambahkan sebanyak 74 sambungan rumah dalam tahap uji coba. Hal tersebut dalam rangka mendukung program pemerintah, yakni percepatan sanitasi.

“Sebanyak 74 sambungan rumah sudah terpasang plus 25 yang komersil hotel dan restoran,” sebutnya.

PDAM akan menggodok tarif langganan IPAL, draft peraturan wali kota (Perwali) terkait tarifnya akan diserahkan ke Wali Kota Makassar Danny Pomanto dalam waktu dekat.

Baca Juga :   Plt Gubernur Buka Pengenalan Lingkup Sekolah SMA/SMK/SLB se-Sulsel Secara Virtual

Diketahui, pembangunan IPAL ini mencakup lima kecamatan yaitu, Kecamatan Tamalate, Mamajang, Mariso, Makassar, dan Ujung Pandang.
Teknologi ini menggunakan biofilm polyethylene yang sangat efektif dalam mereduksi kandungan oksigen pengurai bakteri air (Biological Oxygen Demand), nitrifikasi dan menghilangkan nitrogen. (bs)

dibaca : 26



Komentar Anda

Berita lainnya Berita


Populer Minggu ini

Arsip

To Top