ikut bergabung

Sanggar Seni Appakalabbiri’ Konsisten Lestarikan Musik Langgam Makassar


Sulsel

Sanggar Seni Appakalabbiri’ Konsisten Lestarikan Musik Langgam Makassar

TAKALAR, UJUNGJARI– Kemensos RI mengapresiasi penguatan ekonomi produktif dan kearifan lokal yang dilakukan Sanggar Seni Appakalabbiri’ di Sompuraya,  Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Takalar.

Ketua Sanggar Seni Appakalabbiri’ Arif Maulana yang akrab disapa Andang, Senin (08/01/2024) mengatakan, Sanggar Seni Appakalabbirin menjadi wadah sosial ekonomi untuk melestarikan seni budaya, terkhusus di bidang musik tradisional dan secara spesifik menjaga kelestarian musik Langgam Makassar.

“Musik Langgam Makassar keberadaannya terus kami pertahankan dan diakselerasi mengikuti perkembangan zaman,” tukasnya. Saya intens memberi edukasi-edukasi tentang musik tradisional, khususnya musik Langgam Makassar kepada anak-anak dan para remaja sebagai komitmen menjaga warisan budaya,” katanya.

Dengan adanya bantuan dana dari pemerintah, maka kami selaku pengurus lembaga serta komunitas, mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah.

“Selain memberi edukasi cara melestarikan musik tradisional dan musik Langgam Makassar, Sanggar Seni Appakalabbiri’ juga mengajarkan tentang keanekaragaman seni dan budaya,” imbuhnya.

Produk UMKM berupa penyewaan baju adat lokal lengkap dengan aksesoris, kata dia,  menjadi penunjang ekonomi Sanggar Seni Appakalabbiri’. (SJ)

 

Baca Juga :   Bersama HIPMI Sidrap, Pemerintah Ajak Jurnalis Berpikir Holistik Buat Berita Pembangunan 

dibaca : 175



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top