ikut bergabung

Hasilkan SHU Rp80 Juta, Kadis Koperasi dan UKM Gowa Sebut KPRI Ikhlas SMPN 1 Pallangga Sehat


RAT. Kadis Koperasi dan UKM Gowa Mahmuddin bersama Ketua Dekopinda Abbas Alauddin serta Ketua PKPRI Gowa Sappe Mangiriang dan Ketua KPRI Ikhlas Hasan saat pelaksanaan RAT KPRI Ikhlas SMPN 1 Pallangga. (foto/ist)

Sulsel

Hasilkan SHU Rp80 Juta, Kadis Koperasi dan UKM Gowa Sebut KPRI Ikhlas SMPN 1 Pallangga Sehat

GOWA, UJUNGJARI.COM — Kadis Koperasi dan UKM Kabupaten Gowa Mahmuddin mengatakan Koperasi Bersama Usaha Mikro Kecil dan Menengah terus dikedepankan sebagai pilar perekonomian bangsa. Koperasi UMKM ini juga semakin mendapatkan kemudahan dari pemerintah. Hal ini ditambah dengan disahkannya Peraturan Pemerintah No 7 tahun 2021 tentang kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Hal ini disampaikan Mahmuddin saat membuka kegiatan RAT (Rapat Anggota Tahunan) Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Ikhlas SMPN 1 Pallangga Kabupaten Gowa, Rabu (3/1) pagi.

Dalam kesempatan itu, Kadis Koperasi UKM ini mengatakan Koperasi Pegawai Negeri Ikhlas SMPN 1 Pallangga ini adalah koperasi pertama diantara 569 koperasi yang berbadan hukum yang ada di Kabupaten Gowa.

Bahkan Mahmuddin menyebutkan bahwa KPRI Ikhlas ini sudah menunjukkan kinerja yang baik karena sudah mampu menjabarkan amanat yang tertuang dalam UU No 25 tahun 1992 tentang perkoperasian dan Permenkop RI No 19 tahun 2015 tentang penyelenggaraan RAT telah tutup buku tahun berjalan.

“RAT itu sebagai kekuatan tertinggi dalam tata kehidupan perkoperasian. Dan sesuai hasil kaji dan evaluasinya, KPRI Ikhlas SMPN 1 Pallangga ini adalah sangat sehat karena mampu melakukan RAT sebagai kewajiban dan menghasilkan SHU (sisa hasil usaha) sebesar Rp 80 juta untuk tahun buku 2023. Alhamdulillah, ” kata Kadis Koperasi dan UKM Gowa Mahmuddin dihadapan para pengurus dan anggota KPRI Ikhlas SMPN 1 Pallangga ini.

Baca Juga :   Dari 500 Ribu Jadi Miliaran, 319 Anggota Kopwan UPPKS Bungabiraeng Nikmati SHU

Turut hadir dalam RAT tersebut, Ketua Dekopinda Gowa Abbas Alauddin serta Ketua Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) Gowa Sappe Mangiriang serta Ketua KPRI Ikhlas SMPN 1 Pallangga Hasan.

“Kami mengharapkan agar koperasi memiliki kredibilitas yang tinggi untuk anggotanya serta masyarakat pada umumnya, karena koperasi dibangun dari, oleh dan untuk anggota. Maka pemerintah daerah dalam pemberdayaan koperasi dan UKM memberikan iklim yang kondusif untuk ekonomi. Disamping itu RAT bagi koperasi merupakan hal yang mutlak harus dilaksanakan karena RAT merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan koperasi. RAT itu wadah pengurus menyampaikan pertanggungjawabannya kepada para anggota selama satu tahun buku dan untuk mengukur kinerja pengurus serta mengevaluasi seluruh program dan kegiatan agar pada masa-masa mendatang kinerja pengurus dapat diperbaiki dan lebih disempurnakan lagi, ” kata Kadis Koperasi UKM Gowa.

dibaca : 193

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top