MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Dinas Perpustakaan Kota Makassar melaksanakan kegiatan Pengembangan Literasi Berbasis Inklusi Sosial Layanan Kusuka Longwis (Kursus Mendongeng) di Lorong Wisata Asoka Kompleks Minasa Upa Blok F RT. 3 RW. 7 Kelurahan Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar dari tanggal 18 hingga 20 Desember 2023.

Kegiatan Tersebut dibuka langsung oleh Sekdis Perpustakaan Kota Makassar, A Mappanyukki didampingi oleh Kabid layanan dan tim yang telah diberi tugas di kegiatan tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kegiatan Kelas Mendongeng ini melibatkan para Pacarita Lorong utusan 15 kecamatan. Mereka serentak dilatih berbagai teknik dalam bercerita.

Dinas Perpustakaan Kota Makassar sangat terbantu dengan kemitraan bersama para pendongeng dan Ibu Relawan Baca yang setia mendampingi.

Kolaborasi dan perlibatan masyarakat adalah salah satu kunci kesuksesan program literasi sebagai salah satu inovasi unggulan Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Layanan KUSUKA memiliki kurikulum.

Tidak sekadar dilaksanakan tetapi memang dirancang agar bisa terukur dan teratur.

Salah satu kelas dalam Layanan KUSUKA pun menerapkan hal ini. Kegiatan kelas mendongeng yang dilaksanakan di lorong wisata ini memiliki kurikulum khusus.

Peserta diajarkan memilih dan menyiapkan naskah cerita. Mereka juga dilatih ekspresi dan gestur tubuh saat bercerita.

Latihan artikulasi dan intonasi agar cerita makin menarik membuat peserta makin antusias. Hingga materi dan praktik menyiapkan alat bantu/ properti bercerita dengan bahan yang mudah pun dibagikan dalam suasana kelas yang menyenangkan. (rh)