ikut bergabung

Rentan Rusak dan Terlambat, KPU Janji Siapkan Mobil Khusus untuk Distribusi Logistik


APRESIASI. Kordiv Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Gowa Juanto memberikan apresiasi kepada perwakilan Ketua PPK sebagai wujud sinergitas yang komprehensif.(foto/ist)

Politik

Rentan Rusak dan Terlambat, KPU Janji Siapkan Mobil Khusus untuk Distribusi Logistik

GOWA, UJUNGJARI.COM — Puncak pemilihan umum (Pemilu) 2024 makin dekat. Sisa dua bulan lagi pemilihan pemimpin Indonesia dan legislatif akan terlaksana.

Karena itu pihak KPU pun mulai diingatkan agar menyiapkan langkah antisipatif dalam penanganan logistik Pemilu 2024 tersebut. Hal ini mengemuka saat Bawaslu Kabupaten Gowa membahasnya dalam bimbingan teknik pengawasan logistik yang digelar Bawaslu Gowa, Minggu (17/12) siang di salah satu hotel Makassar.

Dalam kegiatan bimtek yang diikuti para Panwascam se Gowa ini, Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kabupaten Gowa meminta KPU (Komisi Pemilihan Umum) Gowa untuk mengantisipasi potensi kerawanan distribusi logistik Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

Seperti dikatakan Kordiv Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Gowa Juanto. Juanto mengatakan, mengingat tahapan distribusi logistik Pemilu tergolong padat, singkat juga dilihat kondisi geografis, Kabupaten Gowa memiliki daerah pegunungan yang kadang sangat sulit diakses.

Dikatakan Juanto, belajar pada Pemilu 2019, ada beberapa problem distribusi logistik di beberapa titik. Diantaranya adalah soal jarak dan lokasi, sehingga mobilitas armada KPU kerap mengalami keterlambatan.

“Dalam pemetaan kami, aspek geografis, geologis, interval waktu, armada pendistribusian dan personel SDM mesti menjadi perhatian agar logistik tidak mengalami kerusakan dan keterlambatan ke TPS seperti Pemilu sebelumnya. Ini yang sangat rentan terjadi. Juga harus diperhatikan adalah kesiapan gudang penyimpanan yang layak untuk logistik di tingkat desa dan kelurahan, ” kata Juanto.

Baca Juga :   Danny Pomanto, Erick Thohir hingga Sri Mulyani Masuk Daftar Tokoh Terbaik Indonesia

Diakuinya, hal semua itu butuh perhatian besar serta intens untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa menghambat lancarnya Pemilu pada Februari tahun depan.

Terkait logistik ini, Ketua KPU Gowa Fitra Syahdanul selaku Kordiv Logistik KPU Gowa yang dikonfirmasi, Senin (18/12) pagi menjamin logistik Pemilu 2024 aman. Hal itu dikatakannya karena merencanakan pendistribusian yang lebih baik dari Pemilu kemarin-kemarin.

Dikatakan Fitra, kerusakan logistik Pemilu 2019 kebanyakan disebabkan karena pas pendistribusian dibarengi hujan. Jadi meskipun sudah dibungkus rapih pakai plastik dan dilapis dengan terpal, tetap saja air merembes masuk.

“Sekarang kami sudah rencanakan untuk menggunakan mobil khusus mungkin jenis boks atau mobil semacamnya yang ada atapnya di bagian belakang sehingga bisa tahan dari rembesan air hujan, ” jelas Fitra.

dibaca : 162

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Politik

Populer Minggu ini

Arsip

To Top