ikut bergabung

Sentuh Pustaka Bantu Menghidupkan Perpustakaan Makassar


Berita

Sentuh Pustaka Bantu Menghidupkan Perpustakaan Makassar

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Dinas Perpustakaan Kota Makassar melakukan Pembinaan Perpustakaan Sekolah dengan melaksanakan program “Sentuh Pustaka – Semua Membantu Menghidupkan Perpustakaan”.

Sentuh Pustaka adalah suplemen dari kegiatan pembinaan perpustakaan yang menggabungkan beberapa unsur yakni unsur internal dari Tim Pembina Perpustakaan Sekolah dan unsur eksternal dari kelompok kerja pustakawan dan pegiat literasi, mitra/ penerbit dan pimpinan lembaga/kepala sekolah.

Seperti yang dilakukan Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Hartina Nanrang belum lama ini.

Hartina melakukan Sentuh Pustaka bersama Bunda Pustaka Angsa di UPT SPF SD Inpres Antang 1 Makassar.

Berangkat dari kekhawatiran rendahnya minat baca di Kota Makassar, salah satu penyebab yang diidentifikasi karena kondisi perpustakaan yang kurang menarik dan tidak tertata. Kondisi yang jauh dari rasa nyaman menyebabkan pengunjung enggan menghabiskan waktu membaca di perpustakaan.

Tim Sentuh Pustaka kemudian membongkar Perpustakaan untuk ditata agar anak nyaman saat berkunjung, semua sistem peminjaman dan pengembalian buku sudah Terdata menggunakan komputer.

Untuk membangun strategi sentuh pustaka yaitu meningkatkan komitmen dan dalam mengelola perpustakaan sudah diperkuat dengan Perka (Peraturan Perpustakaan) seperti jumlah buku, jumlah rak dan penataannya. (rh)

Baca Juga :   Dinas Perpustakaan Makassar Manfaatkan Lorong Wisata Tingkatkan Literasi Warga

dibaca : 78



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top