ikut bergabung

TNI dan Masyarakat Tanam Pohon di Hutan Pinus Malino


TANAM. Puluhan personel TNI, aparat pemerintah, OKP dan masyarakat di Malino ramai-ramai menanam pohon di hutan pinus.(foto/ist)

Sulsel

TNI dan Masyarakat Tanam Pohon di Hutan Pinus Malino

GOWA, UJUNGJARI.COM — Sebanyak 500 bibit pohon ditanam di kawasan hutan Malino, Kecamatan Tinggimoncong. Penanaman ini dilakukan serentak oleh jajaran Koramil 1409-04 Tinggimoncong menggandeng puluhan orang dari beberapa stakeholder lainnya seperti Dinas Kehutanan, aparat Pemerintah Kecamatan Tinggimoncong, Pemerintah Kelurahan dan Desa se wilayah Tinggimoncong serta masyarakat.

Penanaman yang dilakukan Kamis (7/12) kemarin ini dipimpin Danramil 1409-04 Tinggimoncong Kapten Inf Rudi Sitaba. Kapten Rudi mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini merupakan upaya reboisasi hutan-hutan kritis dan sudah layak diremajakan. Rerata bibit pohon yang ditanam adalah mahoni, suren, palem jawa dan flamboyan.

“Penanaman pohon ini berfungsi dalam mencegah banjir maupun longsor di saat musim hujan serta untuk membantu memperbaiki lingkungan sekaligus memperbaiki paru-paru dunia akan tersedianya oksigen bagi mahluk hidup, termasuk manusia,” kata Kapten Rudi.

Terpisah, Dandim 1409 Gowa Letkol Inf Muhamad Isnaeni Natsir kepada BKM, disela pelaksanaan aksi bersih-bersih di kawasan Pasar Induk Minasa Maupa di Kelurahan Tompobalang, Kecamatan Somba Opu, Gowa.

Letkol Inf Muhamad Isnaeni Natsir mengatakan rangkaian kegiatan yang dilakukan serentak sehari itu adalah bagian karya bakti TNI AD dalam membantu pemerintah mencegah bencana, seperti banjir dan longsor.

“Penanaman pohon ini serangkaian dengan kegiatan aksi bersih pasar dan kanal yang telah kami lakukan. Kita libatkan berbagai elemen baik dari Kepolisian, Satpol PP, pemerintah setempat dan masyarakat, anggota Kodim beserta Koramil jajaran. Ini semua sebagai upaya mencegah terjadinya bencana banjir serta menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih. Tentunya ini merupakan implementasi perintah dari komando atas untuk membantu masyarakat dalam mengantisipasi bencana banjir karena sudah memasuki musim penghujan,” kata Dandim.

Baca Juga :   Diaddendum, Jembatan Kasangngi Rampung 15 Februari

Salah satu Lurah di Tinggimoncong yakni Lurah Bontolerung Ramli Kiyo yang turut dalam penanaman pohon tersebut, mengaku sangat mengapresiasi sinergi yang dilakukan Koramil 1409-04 Tinggimoncong.

“Semoga kegiatan penanaman pohon secara berkesinambungan terus dilakukan khususnya di wilayah-wilayah hulu. Di wilayah hulu sangat rawan longsor sehingga perimbunan pohon harus terus dilakukan. Salah satu titik rawan di Tinggimoncong adalah Bontolerung. Semoga penanaman ini menyebar di semua wilayah kelurahan dan desa di Tinggimoncong, ” kata Ramli.-

dibaca : 210



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top