ikut bergabung

Gowa Raih Swasti Saba Padapa Kemenkes 2023


SEHAT. Wabup Gowa Abd Rauf Malaganni saat menerima Swasti Saba Padapa Kabupaten Kota Sehat 2023 dari Menkes RI Budi Gunasi Sadikin.(foto/ist)

Sulsel

Gowa Raih Swasti Saba Padapa Kemenkes 2023

GOWA, UJUNGJARI.COM — Kembali lagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa meraih penghargaan di penghujung 2023. Penghargaan ke 203 yang diraih Kabupaten Gowa ini berasal dari bidang kesehatan yang merupakan program Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Penghargaan Kabupaten Kota Sehat yang diterima Pemkab Gowa adalah kategori Swasti Saba ‘Padapa’. Penghargaan ini diterima Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni dari Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin pada Malam Penganugerahan Tanda Penghargaan Swasti Saba Kabupaten Kota Sehat dan TBM tahun 2023 yang berlangsung di Ballroom Kempinski Hotel Jakarta, Selasa (28/11).

Pada kesempatan itu, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan saat ini masalah kesehatan semakin kompleks khususnya di perkotaan. Hal ini disebabkan setiap tahun penduduk kota semakin banyak akibat urbanisasi yang tidak bisa dicegah.

Dikatakan Menkes, dengan adanya urbanisasi yang tidak terelakkan ditambah perubahan iklim yang terjadi persoalan di kota semakin rumit termasuk masalah kesehatan. Hal ini memicu beberapa penyakit mendera yakni demam berdarah, stroke, serangan jantung serta depresi.

Untuk mengatasi hal ini pemerintah khususnya di daerah harus mampu memperhatikan kebersihan lingkungan dan menyiapkan sarana dan prasarana ruang bergerak untuk masyarakat.

Menkes menegaskan semua kepala daerah mengurusi kesehatan di wilayahnya.

“Urusin penyakit menular maupun yang tidak menular. Urusin kesehatan jiwa masyarakat. Pemerintah harus urusin itu semua,” kata Menkes.

Baca Juga :   Menteri Agraria dan Tata Ruang Apresiasi Pemkab Gowa

Terkait Gowa meraih Swasti Saba Padapa tahun 2023 ini, Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni mengaku penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang telah berhasil menyelenggarakan Kabupaten Kota Sehat tahun 2023 termasuk Kabupaten Gowa.

“Alhamdulillah kita kembali menerima penghargaan bidang kesehatan yakni Swasti Saba Padapa. Kabupaten Gowa adalah salah satu daerah yang mendapatkan penghargaan Kabupaten Kota Sehat tahun 2023 kategori Swasti Saba Padapa itu. Tentu ini akan menjadi dorongan bagi kita di Kabupaten Gowa untuk terus menyelenggarakan kabupaten kota sehat yang semakin baik kedepan,” kata Rauf.

Rauf pun tidak mengakui jika prestasi ini diraih berkat kerjasama dan kolaborasi dari seluruh pihak yang terlibat dalam mewujudkan Gowa sebagai Kabupaten Sehat.

Terkait penghargaan ini, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa Sujjadan selaku Ketua Tim Pembina Kabupaten Kota Sehat Gowa mengatakan penghargaan yang diterima Pemkab Gowa yaitu penghargaan pada program Kabupaten Kota Sehat atau Swasti Saba. Penghargaan ini diberikan setiap dua tahun sekali oleh Kemendagri dan Kemenkes, kepada kota kabupaten yang berhasil menyelenggarakan program tatanan yang ada dalam program Kabupaten Kota Sehat.

dibaca : 135

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top