ikut bergabung

BPBD Ingatkan Masyarakat Cuaca Mulai Ekstrem, Sembilan Wilayah Dataran Tinggi di Gowa Rawan Longsor


Nomor-nomor penting Posko Bencana BPBD Kabupaten Gowa. (foto/ist)

Sulsel

BPBD Ingatkan Masyarakat Cuaca Mulai Ekstrem, Sembilan Wilayah Dataran Tinggi di Gowa Rawan Longsor

GOWA, UJUNGJARI.COM — Usai daerah dilanda kekeringan akibat dampak Elnino, kini cuaca mulai berubah. Hujan mulai turun dan cenderung ekstrem.

Bahkan sejak awal hujan turun dengan derasnya sepekan lalu di Kabupaten Gowa sudah meninggalkan jejak kerusakan atap rumah beberapa warga di beberapa desa dan kelurahan. Bahkan cuaca ekstrem yang terjadi pada Kamis 23 November membawa duka bagi tiga petani di Desa Jonjo, Kecamatan Parigi yang tewas disambar petir.

Sekarang mulai Jumat (24/11) hingga Senin (27/11) ini hujan mulai merutin setiap siang hingga sore hari.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa Iksan Parawansa yang dihubungi BKM, Senin (27/11) pada pukul 16.11 Wita membenarkan kondisi cuaca saat ini ekstrem.

Iksan pun menyebutkan ada beberapa wilayah, dari data atau peta tingkat kerawanan di Kabupaten Gowa mengalami potensi terdampak atau terkhusus untuk longsor.

Beberapa wilayah itu ada di sembilan wilayah dataran tinggi yakni Kecamatan Parangloe, Manuju, Bungaya, Bontolempangang, Biringbulu, Tompobulu, Tinggimoncong, Parigi dan Tombolopao.

“Iya wilayah dataran tinggi memang potensi longsor. Di Gowa ada sembilan kecamatan dataran tinggi yang memungkinkan jika kondisi anomali cuaca cukup ekstrem dan ditambah dengan bentang alamnya tidak mampu menampung curah hujan yang tinggi tersebut. Karena itu kami mengimbau
ke masyarakat Gowa, ini juga sesuai dengan imbauan oimpinan daerah dalam hal ini Pak Bupati, agar masyarakat waspada terhadap kondisi cuaca kedepan, ” kata Kepala BPBD Gowa.

Baca Juga :   Launching Mandiri Benih Padi, Bupati Luwu Timur Serahkan Sejumlah Bantuan

Iksan juga mengingatkan untuk mencegah banjir atau genangan air yg serius agar masyarakat menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing mulai sekarang.

“Imbauan ini juga ditujukan kepada aparat dari atas sampai ke paling bawah untuk selalu siap siaga dengan segala kemungkinan yang bisa terjadi kapan saja. Sekaitan cuaca saat ini maka kami dari BPBD pun menyerukan kepada aparat pemerintah di kecamatan hingga desa kelurahan agar mengaktifkan posko bencana yang ada. Kami pun di wilayah kabupaten tetap menyiapkan Posko Bencana di kantor BPBD, ” jelas Iksan.

Posko Bencana Kabupaten Gowa berlokasi di kantor BPBD Gowa di kompleks Taman Sultan Hasanuddin di Jl Tumanurung, Sungguminasa dengan nomor layanan (cp) 0882-4257-9940 (Yusran), 0823-9352-5262 (Sahrul), 0813-4117-5327 (Irwan) dan khusus untuk wilayah Kecamatan Tinggimoncong dan sekitarnya melalui (cp) 0852-9963-5234 (Igo). –

dibaca : 136



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top