ikut bergabung

SATUPENA Sulsel Teken MoU dengan Universitas Patompo dan FBS UNM


Berita

SATUPENA Sulsel Teken MoU dengan Universitas Patompo dan FBS UNM

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM–Acara Soft Launching Novel Autobiografi Kembong Daeng, berjudul “Permata Karya”, bukan saja jadi momen istimewa bagi Guru Besar Universitas Negeri Makassar (UNM) itu, tapi juga bagi Perkumpulan Penulis Indonesia SATUPENA Provinsi Sulawesi Selatan.

Demikian dikemukakan Rusdin Tompo, Koordinator SATUPENA Provinsi Sulawesi Selatan, yang juga merupakan editor buku ini.

Acara soft launching buku diadakan di Aula Kampus Universitas Patompo, Jalan Inspeksi Kanal No 10 Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Sabtu, 4 November 2023.

Momen ini menjadi istimewa karena ada penandatanganan kesepahaman bersama (Memorandum of Understanding/MoU) antara SATUPENA dengan dua kampus sekaligus.

Rektor Universitas Patompo, Prof Dr H Muh Yunus, M.Pd dan Dekan FBS UNM, Prof Dr Anshari, M.Hum membubuhkan tandatangan pada lembaran kertas yang berisi kerjasama mereka.

Tujuan MoU, untuk meningkatkan kapasitas penulisan buku dalam berbagai genre. Juga agar adanya apresiasi terhadap penulis buku. Sekaligus sebagai upaya mengembangkan gerakan literasi.

Prof Muh Yunus mengucapkan terima kasih kepada Prof Kembong Daeng karena memilih kampusnya sebagai tempat peluncuran dan diskusi buku.

Dia berharap, acara ini akan jadi inspirasi bagi dosen dan civitas akademika Universitas Patompo untuk lebih giat menulis dan menerbitkan buku.

Sementara Prof Anshari menganggap pemilihan tempat dan waktunya, dimaksudkan agar semua pihak bisa merasakan kebahagiaan, baik dari Universitas Patompo maupun UNM.

Baca Juga :   Peduli Lingkungan, Personel Kodim 1414 Toraja Bersihkan Drainase Terminal Bolu

Dia juga memberikan selamat kepada koleganya, Prof Kembong Daeng, yang kemarin (3/11) secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia,

Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) UNM. Menurutnya, Prof Kembong Daeng merupakan orang yang selalu bersungguh-sungguh dalam menjalankan amanah. Kampus di Parangtambung itu, merupakan almamater Kembong Daeng, yang banyak diceritakan dalam bukunya.

Acara launching buku ini dirangkaikan dengan perayaan ulang tahun pernikahan ke-34, Dr Drs H Muh Yahya, M.Pd dan Prof Dr Hj Kembong Daeng, M.Hum.

Muh Yahya merupakan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Patompo. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Dekan Pascasarjana di kampus yang berada di perbatasan Kota Makassar dan Kabupaten Gowa ini.

Kembong Daeng, penulis buku muatan lokal “Pappilajarang Basa Mangkasarak” mengungkapkan, ada tiga peristiwa bersejarah, di tahun 1989, yang terjadi dalam hidupnya. Pada 4 Januari 1989, dia lulus sebagai wisudawan terbaik di fakultasnya. Pada 1 Maret di tahun yang sama, dia terangkat sebagai dosen.

dibaca : 155

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top