ikut bergabung

Pengamat Ekonomi Syahrir Inginkan Sidrap Harus Punya Konsep Baru Produktifitas Pertanian 


Sulsel

Pengamat Ekonomi Syahrir Inginkan Sidrap Harus Punya Konsep Baru Produktifitas Pertanian 

SIDRAP, UJUNGJARI.COM — Kabupaten Sidrap rupanya punya segudang Putra daerah yang ingin berkolaborasi membangun kampung halamannya kedepannya.

Peningkatan sektor ekonomi dan Pertanian menjadi isu digagasnya Tudang Sipulung Nasional Sidenreng Rappang (Sidrap) yang mengangkat Tema “Sidrap Tumbu Maju, Sejahtera, Aman dan Berbudaya” yang di inisiatif oleh IKM, ISA dan IPMI Sidrap.

Kegiatan diskusi ini berlangsung di Rumah Makan (RM) kampung Arifin Nu’man (Arnum) Datae, Kelurahan Bangkai, Kecamatan Wattang Pulu kabupaten Sidrap, Sabtu (28/10/2023) akhir pekan kemarin.

Baca Juga

Disela-sela kegiatan ini, pengamat ekonomi dan sekaligus praktisi akademisi Syahrir Muhammad mengatakan acara Tudang Sipulung Nasional Sidenreng Rappang berlangsung sukses dikarenakan di hadiri oleh akademisi dan para birokrat pemda masyarakat dan para pemuda aktivitis serta pengusaha.

Syarhir yang didaulat pemateri ini juga menyampaikan Sidrap sebagai sumber pangan yang memiliki potensi besar untuk penyangga pangan secara nasional.

Sehingga lima tahun kedepan Kabupaten Sidrap harus punya konsep baru dengan perwajahan ikon yang baru dengan peningkatan sektor pertanian dan infrastruktur akan menggairahkan sentra pangan secara nasional.

Ikon Kabupaten Sidrap sebagai salah satu penyangga pangan Nasional harus terus dipertahankan karena sebagai daerah penghasil pangan terbesar di Indonesia, stabilitasi perberasan harus terjaga karena ketika Petani Sidrap gagal Panen, maka akan berpengaruh kepada ketersedian pangan terutama perberasan dan gabah secara nasional.

Baca Juga :   Kodim 1420 Sidrap Gelar Pembinaan Peta Jarak Jarang Teritorial

Maryono selaku moderator di acara Tudang Sipulung Nasional Sidenreng Rappang menambakan Pertanian Sidrap sejak beberapa tahun terakhir mengalami penurunan produktifitas.

Oleh karena itu, katanya, harus di pikirkan bersama bagaimana menghadirkan pertanian yang maju dan sisten pertanian yang kolaboratif.

Hadir dalam kegiatan tersebut juga Pembicara Ketua IKM Sidrap yang juga Ketua Wali Amanah UNHAS Makassar, Prof.Dr.Andi Alimuddin Unde, M.Si. (Wan)

dibaca : 259



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top