BARRU, UJUNGJARI–Bupati Barru Suardi Saleh,saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 di Masjid Hj Sairah Al-Ittihad Lingkungan Limpomajang Kelurahan Sumpang Binangae Kecamatan Barru, Sabtu(21/10) mengungkapkan beberapa keistimewaan seorang Ibu.

Diawal sambutannya Bupati Barru Suardi Saleh, mengucapkan selamat datang kepada AG.Dr.K.H.Amirullah Amri,MA Pimpinan Pondok Pesantren ilmu Yaqin Tompo Bulu Kabupaten Maros di kabupaten Barru.

” Saya 10 tahun di Maros dan pertama kali bertemu dengan beliau saat saya bertugas di Kabupaten Pinrang,” ujar Bupati Barru

Lebih lanjuti, Bupati Barru mengatakan bahwa kemarin dirinya menghadiri Maulid Akbar tingkat kecamatan Tanete Riaja bersama Alena AG.Prof.Dr.K.H.M. Faried Wadjedy, M.A dan kondisinya seperti ditempat ini dimana yang mendominasinnya adalah perempuan.

“Dan kurang lebih dibeberapa tempat kegiatan- kegiatan seperti ini hampir disetiap didominasi perempuan,” ujarnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Bupati Barru menyebutkan, menurut Anre Gurutta kalau kita tarik sejarah kebelakang perempuanlah harus berterima kasih kepada Rasulullah SAW.

Sebelum masuknya islam yang dibawa Rasulullah SAW hampir ketika itu perempuan sangat memiliki nasib yang sangat buruk, pada zaman jahiliyah perempuan sangat di injak-injak atau bahkan sama sekali tidak mempunyai harga diri di hadapan laki-laki.

Seringkali mendapatkan perlakuan tidak berkemanusiaan pada saat zaman itu. Dengan datangnya Islam dan di utusnya Nabi Muhammad SAW sebagai nabi/Rosul terakhir datang membawa Perubahan, Perempuan memiliki kedudukan dan kemuliaan serta Keistimewaan.

Bupati Barru juga menambahkan bahwa bahwa surga ditelapak kaki ibu artinya hormatilah ibumu dan mengutif Hadist :Dari Abu Hurairah, ia berkata:

“Seorang lelaki datang kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dan bertanya: Wahai Rasulullah, siapakah yang paling berhak untukku untuk aku berbakti kepadanya? Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menjawab: Ibumu Kemudian ia bertanya lagi:
Lalu siapa lagi? Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menjawab: Ibumu,” ucap Suardi.

Kemudian ia bertanya lagi: Lalu siapa lagi? “Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menjawab: Ibumu. Kemudian ia bertanya lagi: Lalu siapa lagi? Kemudian Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menjawab: Ayahmu. Begitu istimewanya perempuan dihadapan kita para laki laki,” urai Bupati

“Dan Alhamdulillah saya melihat luar biasa antusias masyarakat kita memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tiap tahun kita laksanakan dan bisa jadi diantara kitab ada yang 3-4 kali atau lebih mengikutinya baik dilingkungan sekitar kita atau ditempat lainnya, tetapi apakah kita sudah mendapatkan hikmahnya, apakah kita sudah intropeksi diri tentang kecintaan kita terhadap Rasulullah SAW,” jelasnya

Terakhir, bahwa sekarang ini sudah tahun politik banyak isu dan berita baik dimedia ataupun di WAG yang saling menjelekkan. “Jadi jaga kebersmaaan dan silaturahmi biarlah pilihan kita beda tapi jangan smpai memutus dan memecah kita, berbeda dalam politik adalah sahabat dalam berdemokrasi,” pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Hikmah Maulid yang dibawakan olehDr.K.H.Amirullah Amri,MA (Pimpinan Pondok Pesantren ilmu Yaqin Tompo Bulu Kab.Maros)

Turut hadir dalam kegiatan, Anggota DPRD kabupaten Barru Drs H.Arifai Muin, Kadis Kesehatan , Kadis Lingkungan Hidup kabupaten Barru,Kepala KUA Kecamatan Barru, Lurah Sumpang Binangae,Perwakilan Kapolres, Kemenag,Camat Barru,Danramil Barru, mantan Anggota DPRD Barru (Hj. anna),mantan Lurah Sumpang Binangae,tokoh Agama, tokoh masyarakat, Pemuda dsn undangan lainnya.( Udi)