ikut bergabung

Webinar Kemenkominfo: Jadilah Pejuang Anti Hoaks di Dunia Digital


Berita

Webinar Kemenkominfo: Jadilah Pejuang Anti Hoaks di Dunia Digital

MAKASSAR– Media Sosial memiliki peran strategis untuk mengampanyekan berbagai konten dan informasi.

Namun demikian, medsos atau ruang digital lainnya juga menjadi saluran penyebaran informasi atau berita hoaks.

Nah untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar webinar Literasi Digital yang melibatkan masyarakat.

Baca Juga

Kegiatan webinar bertajuk “Menjadi Pejuang Anti Hoaks di Dunia Digital” ini akan melibatkan masyarakat Kabupaten Gowa, pada Kamis 19 Oktober 2023.

Adapun pembicara dalam webinar ini salah satunya Dian Ikha Pramayanti. Dosen STAI Al Muhajirin Purwakarta ini akan membahas Kecakapan Digital.

Ia akan mengajak peserta mengenali apa itu hoaks dan cara penyebarannya. Juga tips dan trik mencegah hoaks menjadi viral.

Sementara pembicara kedua, Anwar Sadat akan membahas Etika Digital. Senior Produk Manager ini akan menjelaskan apa tindakan kita dalam menghadapi informasi yang belum tentu benar.

Pilah-pilih sebelum sebar konten, cerdas berinternet, gunakan logika untuk bedakan fakta dan hoaks, adalah beberapa poin yang akan ia sampaikan.

Selain itu, Anwar juga akan membagi tips memilih informasi yang harus dibagikan agar konten selalu positif.

Sedangkan pembicara ketiga, Gilang Alvianto, Founder dan Owner dari Milenia Guest House, akan membahas Keamanan Digital.

Cara bijak bermedia sosial, jangan asal sebar di internet, serta cara cek fakta sebelum menyebarkan atau posting konten, adalah beberapa poin yang akan ia bahas.

Baca Juga :   Pertama di Indonesia, Bupati Polman Tolak Program KKN MBKM

Kegiatan ini akan dipandu Amar Hamdani, bersifat gratis dan terbuka untuk umum. Calon peserta cukup meng-klik link ini:
https://s.id/registrasikabgowa_1910 dan akan terhubung dengan form registrasi untuk mendapatkan token beserta link zoom yang akan menghubungkan mereka dengan ruang seminar.

Peserta yang beruntung, akan mendapatkan hadiah menarik berupa dompet digital. Semua peserta akan mendapatkan E-sertifikat.

Khusus bagi mereka yang baru dalam mengikuti kegiatan seperti ini, tentu akan menjadi pengalaman berkesan bagaimana belajar, menambah pengetahuan tentang Literasi Digital.

Makanya, bagi Anda yang belum pernah mengikuti kegiatan yang dilaksanakan Kemenkominfo, ini adalah kesempatan yang baik untuk Anda.

Untuk diketahui pada 2023 ini, Kominfo memfokuskan kegiatan Literasi Digital di wilayah Sulawesi dan sekitarnya. Sejak Februari tahun ini, pihak penyelenggara sedikitnya telah melaksanakan puluhan kegiatan serupa dan memfokuskan kegiatan di beberapa kabupaten di Sulteng, Sulbar dan Sulut.

dibaca : 160

Laman: 1 2



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top