ikut bergabung

Kas Kostrad dan Wabup Gowa Tanam Sukun di Bantaran Kanal, TNI Singkirkan Eceng Gondok dan Sampah


TANAM - Aktivitas penanaman bibit pohon sukun di bantaran kanal yang dilakukan Kas Kostrad Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, Wabup Gowa Abd Rauf Malaganni, Pangdivif 3 Kostrad Mayjen TNI Choirul Anam dan perwira tinggi Kostrad lainnya. (foto/sar)

Berita

Kas Kostrad dan Wabup Gowa Tanam Sukun di Bantaran Kanal, TNI Singkirkan Eceng Gondok dan Sampah

GOWA, UJUNGJARI.COM — Ratusan personel Divif 3 Kostrad dan organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan serta pelajar bahu membahu membersihkan kanal di Kelurahan Tombolo, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Kamis (12/10) pagi.

Kanal yang terbentang dari arah tugu Patung Massa Jl Kacong Dg Lalang kurang lebih 3 Km ke Jl Tun Abd Razak (Hertasning Baru) Kelurahan Tombolo, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa ini jadi sasaran kerja bakti para anggota Divif 3 Kostrad. Seluruh sampah dan tanaman air liar di kanal dibersihkan. Di bantaran kanal pun tak luput dari aksi bersih-bersih tersebut.

Pembersihan kanal dari tanaman dan sampah pengotor dan penghambat aliran air ini dilakukan TNI AD khususnya Divif 3 Kostrad dalam rangkaian kegiatan Peduli Lingkungan Indonesia Maju HUT TNI ke 78.

Selain membersihkan kanal, juga dilakukan penanaman sebanyak 250 bibit pohon sukun. Bibit pohon sukun ini ditanam di pinggiran kanal atau bantaran kanal dengan tujuan jika pohon itu tumbuh akan mampu memberikan banyak manfaat untuk masyarakat sekitar.

Manfaatnya antara lain, masyarakat dapat menikmati buah sukunnya, suasana bantaran kanal menjadi teduh dan kehadiran pohon ini akan mampu menjaga resapan air tanah. Penanaman ini dibarengi pembersihan tanaman-tanaman liar seperti eceng gondok, kangkung air dan rumput air serta sampah-sampah plastik yang terbuang ke kanal.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Staf Komando Cadangan Strategi Angkatan Darat (Kas Kostrad) Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa bersama Pj Gubernur Sulsel diwakili Arwien Azis, Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni, Pangdivif 3 Kostrad Mayjen TNI Choirul Anam, Dandim 1409 Gowa Letkol Inf Muhammad Isnaeni Natsir serta jajaran perwira tinggi Divif 3 Kostrad lainnya.

Baca Juga :   Sikapi Cuaca Ekstrim, PJ Bupati Pinrang Turun Tinjau Sejumlah Kecamatan Rawan Bencana

Sebelum menanam bibit pohon sukun, Kas Kostrad Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa bersama-sama pejabat pemerintahan dan perwira TNI dan Polres Gowa yang ada menyerahkan paket sembako kepada 100 orang warga kurang mampu di Kecamatan Somba Opu serta memantau kerja bakti pembersihan bantaran kanal dengan mengendarai sepeda motor trail. Terlihat ratusan personel Kostrad menyebar membersihkan. Ada yang di sepanjang jalur jalan bantaran kanal dan sebagian lainnya masuk ke kanal dengan air sebatas pinggang. Mereka membersihkan tanaman eceng gondok, kangkung rambat, rumput liar serta sampah-sampah yang terbuang ke kanal.

Kas Kostrad Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa kepada media usai menanam pohon sukun mengatakan, kegiatan yang dilakukan Kostrad ini dalam rangkaian Peduli Lingkungan untuk Indonesia Maju.

dibaca : 85

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top