ikut bergabung

Seru, Ribuan Warga Rebutan 2.520 Kanre Maudu’


MAULID. Ribuan bakul maulid yang disiapkan Pemkab Gowa dijejer rapi sebelum warga saling berebut. (foto/ist)

Sulsel

Seru, Ribuan Warga Rebutan 2.520 Kanre Maudu’

GOWA, UJUNGJARI.COM — Sudah menjadi tradisi setiap kali Pemerintah Kabupaten Gowa menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad 1445 Hijriah pastilah antusiasme masyarakat tak bisa dielakkan.

Meski panitia penyelenggara telah mempersiapkan rapi dengan membagikan kanre maudu’ atau bakul maulid kepada warga namun warga lainnya tak bisa menahan diri berebut kanre maudu’ tersebut dengan serunya.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama Pj Sekretaris Kabupaten Gowa Abd Karim Dania serta jajaran Forkopimda, hanya bisa geleng-geleng kepala sambil tersenyum bahkan tertawa melihat aksi para warga baik emak-emak, bapak-bapak, remaja hingga anak-anak yang saling rebutan bakul maulid dan telur-telur hias aneka warna.

Dalam peringatan maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini, Pemkab Gowa menyiapkan sebanyak 2.520 bakul maulid. Bakul-bakul maulid berisi beras dan lauk pauk dan dihiasi telur berwana yang dipajang tertancap memakai bilah kayu terbungkus kertas warna itu merupakan hasil partisipasi bersama seluruh SKPD, Camat, Kepala Desa dan Lurah serta OKP dan Ormas.

“Momen maulid Nabi ini setiap tahun kita gelar. Seluruh jajaran mulai dari tingkat desa, kelurahan dan kecamatan ikut berpartisipasi dengan menyumbangkan bakul maudu yang akan diserahkan kepada masyarakat. Ini merupakan rutinitas yang dilakukan Pemkab Gowa setiap tahunnya tentunya dengan mengajak seluruh jajaran mulai dari Bupati, Wakil Bupati, Asisten, pimpinan SKPD, Camat, Lurah dan Kepala Desa bersama staf masing-masing untuk berpartisipasi menyisihkan sedikit rezekinya dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW ini,” kata Adnan.

Baca Juga :   Irwan: Program TP-PKK Makassar Diharap Mampu Membuka Peluang Kerja

Adnan mengaku, antusias masyarakat sangat tinggi, hal itu terlihat dengan banyaknya masyarakat bersama keluarga yang datang langsung untuk bisa mendapatkan bakul maulid berisi penganan maulid serta kemasan beras isi 5 Kg.

“Ada yang dibagikan ada yang direbut juga, tapi itulah seninya dan memang berlangsung seperti itu artinya antusias warga sangat tinggi dan ini salah satu cara pemerintah bersama dengan seluruh jajaran untuk bisa menyisihkan sedikit rezeki yang mereka miliki dan kita bagikan kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan,” jelas Adnan.

Bagi Adnan, momentum Maulid Nabi Besar Muhammad SAW ini telah mendatangkan keberkahan dan silaturahmi atau hubungan emosional antara pemerintah dan masyarakat agar dapat terus terjaga untuk Gowa yang lebih baik di masa yang akan datang.

Pj Sekretaris Kabupaten Gowa Abd Karim Dania mengatakan jumlah bakul maulid yang terkumpul sebanyak 2.520 bakul sedang beras sebanyak 230 paket (isian 5 Kg) yang merupakan partisipasi dari seluruh jajaran pemerintah lingkup Pemkab Gowa.

dibaca : 164

Laman: 1 2



Komentar Anda
Baca Selengkapnya

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top