ikut bergabung

PLN Pintah Masyarakat Jangan Lakukan Aktifitas Mainan Ini Jika Listrik Tak Ingin Padam


Sulsel

PLN Pintah Masyarakat Jangan Lakukan Aktifitas Mainan Ini Jika Listrik Tak Ingin Padam

SIDRAP, UJUNGJARI.COM — Siapa yang tak mengenal mainan yang satu ini. Seluruh masyarakat Indonesia mengenalnya, bahkan diluar negeri pun permainan ini digandrungi masyarakat awam.

Mulai anak-anak, remaja hingga orang dewasa memainkan permainan ini. Adalah layangan atau layang-layang, sejenis permainan kertas yang diterbangkan dengan benang.

Baca Juga

Memang sangat asyik. Tapi masyarakat harus tahu juga resikonya bisa berdampak kerugian pada ekonomi ataupun dampak kerugian bagi penduduk.

Kenapa, itu bisa menganggu jaringan kabel aliran listrik yang membentang seperti (SUTET). Jika satu layangn nyangkut di kabel maka hal itu bisa membahayakan.

Setidaknya resikonya berbahaya karena selain dampak terbakar, juga aliran listrik bisa terputus akibat terkoneksi atau bersentuhan kabel satu sama lainnya sehingga bisa meledak atau terbakar.

Memang, hal itu tak bisa dimungkiri mainan tradisional yang sudah mengakar di tanah air itu mengancam kelangsungan aliran listrik.

Sebab di wilayah Sistem interkoneksi dan transmisi atau sering pula dinamakan dengan sistem saluran udara tegangan ekstra tinggi Alias Sutet sering terganggu akibat gangguan aktifitas layang-layang masyarakat yang bermain disekitar area Sutet.

Hal terungkap setelah pihak management PT.PLN Persero, khususnya wilayah Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Sidrap melakukan evaluasi jaringan Sutet yangsering terganggu akibat permainkan layangan masyarakat disekitar area Sistem interkoneksi dan transmisi.

Sedikitnya ratusan kerangka layangan nyangkut disepanjang bentangan kabel Sutet sehingga pihak ULTG Sidrap.

Baca Juga :   Rauf Kr Kio Serahkan Peralatan Penyelamatan Bencana di Hari Relawan PMI

Hal itu setelah Tim HAR Jaringan Sutet 150 KV ULTG Bojoe Sidrap melakukan pemeriksaan berkala disepanjang area Sidrap, Wajo, dan Toraja.

Kondisi grebek layangan yang kerap mengganggu jaringan SUTET PLN ini berdampak aliran listrik terganggu, akibatnya pemadaman listrik sering dilakukan pihak Manajemen PLN karena gangguan kabel Sutet akibat layangan masyarakat tersebut.

Seperti banyaknya kasus ditemukan disekitar area Sidrap dimana puluhan layang-layang berukuran jumbo di Lainungan, tepatnya Tower 52 Sidrap-Parepare sulit dibersihkan dari kabel yang membentang.

Hal itu akibat kelalainnya masyarakat itu sendiri yang bermain layang-layang mulai ukuran Kecil hingga jumbo.

Hal tersebut dibenarkan Kepala
Assistant Enginer Pengendalian Operasi dan Pemeliharaan ULTG Bojoe Sidrap Mulyadi Laba.

“Betul-betul ini sangat meresahkan dan berdampak pada gangguan jaringan listrik akibat permainan layangan di wilayah Sidrap, Wajo Enrekang dan Toraja,”ungkap Mulyadi kepada Awak Media, Kamis (28/09/2023).

dibaca : 358

Laman: 1 2



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top