ikut bergabung

18 Kader PKK Lomba Kreasi Menu Ikan dan B2SA


TINJAU. Wakil Ketua TP PKK Gowa Mussadiyaj Rauf meninjau hasil cipta menu para peserta lomba. (foto/ist)

Sulsel

18 Kader PKK Lomba Kreasi Menu Ikan dan B2SA

GOWA, UJUNGJARI.COM — Sebanyak 18 kader TP PKK kecamatan se Gowa mengikuti lomba cipta menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) dan lomba memasak menu serba ikan.

Para perwakilan TP PKK kecamatan ini beradu kreatifitas di meja lomba yang digelar di Atrium London Phinisi Point Mall Makassar, pada Jumat (22/9/2023). Lomba ini digelar masih dalam rangkaian peringatan HKG TP PKK Gowa ke 51.

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Gowa Mussadiyah Rauf hadir menyaksikan aksi para kader PKK mengolah bahan menjadi makanan siap santap.

Mussadiyah mengatakan, lomba ini bertujuan agar pangan yang seimbang, yang pengolahannya sangat beragam bisa juga masuk di rumah-rumah di tingkat keluarga.

“Kami bersama Pokja III PKK mengadakan lomba cipta menu B2SA yang diikuti oleh seluruh Ketua PKK kecamatan yang bertujuan agar pangan lokal kita dengan berbagai gizi seimbangnya juga cara olahannya yang beragam bisa menjadi makanan enak di dalam keluarga,” kata istri Wabup Gowa Abd Rauf Malaganni ini.

Mussadiyah juga mengatakan, tahun ini Pokja III menjadi pilot project dan sebagai ujung tombak penanganan stunting.

“Dan lomba masak menu ikan ini bertujuan menyebarluaskan informasi tentang kandungan dan manfaat bagi kesehatan dan kecerdasan anak, kemudian meningkatkan pengetahuan dan keterampilan memasak menu keluarga berbahan baku ikan. Jadi para kader PKK bisa memperkenalkan ragam menu dan masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas kemudian mendukung pemanfaatan sumber daya ikan yang berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap ikan lokal,” papar Mussadiyah.

Baca Juga :   Sambut Beautiful Malino IV, Masyarakat Tinggimoncong Mulai Eksyen, Bunga Hortensia Jadi Prioritas

Koordinator Pokja III TP PKK Gowa Mudrijannah Mundoap berharap kegiatan ini bisa hadirkan kreasi menu-menu baru dari bahan lokal dan tentu saja sebagai upaya menekan angka stunting khususnya di Gowa.

Salah satu peserta lomba menu B2SA dan serba ikan, Andi Dian yang merupakan Ketua TP PKK Kecamatan Pattallassang, mengatakan, dalam cipta menu B2SA timnya mengandalkan bahan lokal di wilayahnya yakni jagung, bayam dan berbagai sayuran yang tumbuh subur di Pattallassang.

“Semua ini bagus untuk tubuh karena non gluten atau minim gula serta kandungan nutrisi didalamnya cukup lengkap,” kata Andi Dian, istri Camat Pattallassang Pangeran. –

dibaca : 127



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top