ikut bergabung

Siap Lahirkan Komisioner Profesional dan Kreatif, Ini Sosok Ketua Timsel KPID Sulsel Anno Suparno


Anno Suparno

Sulsel

Siap Lahirkan Komisioner Profesional dan Kreatif, Ini Sosok Ketua Timsel KPID Sulsel Anno Suparno

“Saya tak peduli dengan gaji yang ditawarkan ke saya pada saat itu. Saya terima saja, karena ini adalah tantangan. Bagaimana merubah mindset publik tentang radio dari yang sekedar mendengar musik tetapi berfungsi sebagai penerima infomasi,” kata mantan Station Manager Smart FM Makassar ini.

“Saat itu saya kepikiran bahwa sebenarnya fungsi radio itu, jauh lebih bermanfaat ketimbang media lainnya. Bayangkan ketika perang dunia satu dan perang dunia dua dimana fungsi radio menjadi media yang melaporkan perkembangan perang internasional pada saat itu. Dan publik dunia menanti setiap saat melalui radio. Termasuk zaman penjajahan dan kemerdekaan di Indonesia. Bagaimana peran radio sangat signifikan. Maka pada saat itu saya berpikir bahwa radio harus kembali ke khittah. Dan saya akan terjun ke dunia radio apapun risikonya,” tambah mantan Korlip Tabloid Fokus ini.

Dari hal itu, Anno yang menjadi pengurus Aliansi Jurnalis Independen AJI Kota Makassar Periode 1999-2013 ini, membangun jaringan dengan radio-radio berita di Indonesia. Beberapa diantaranya ARH, Trijaya FM, dan Radio Netherland Belanda.

“Lalu kemudian saya pun menjadi salah satu stringer tetap radio BBC London. Di sini saya belajar tentang sikap dan prinsip menjdi jurnalis. Dua kali dalam setahun seluruh kru se-Asia dan Australia dipanggil ke Jakarta untuk mengikuti in-house BBC yang trainernya berasal dari Inggris,” ucap Anno yang menjadi Stringer BBC London Siaran Indonesia 1999-2002 ini.

Baca Juga :   Ribuan Pendamping Desa Bantu KPID Awasi Penyiaran di Sulsel

Ketika di radio BBC, Anno membeberkan dirinya memiliki dua pengalaman sangat berkesan. Pertama ketika markas BBC di London menunggu hasil laporan tentang mereportasekan proses perdamaian Poso di Malino, Gowa.

“Kata produser BBC bahwa suara saya akan headline dan telah dinantikan oleh 40 jaringan BBC di seluruh dunia,” kata Direktur Utama Media Online24.com periode 2017-2019.

Kedua, ketika Anno liputan di Atambua, dimana harus interview panglima pro-Indonesia yang bersembunyi di tengah hutan serta pengungsi Timor Timur di Atambua, Nusa Tenggara Timur.

“Sempat dikejar dan hampir dibakar hidup-hidup. Alhamdulilah, kami selamat bersama rombongan,” ucap Komisaris Indonesia Konten Kata 2020-sekarang.

Bekerja di radio sangat berkesan bagi Anno, karena bisa terlibat mengembalikan marwah radio di tengah-tengah masyarakat.

“Saya pernah membuat rundown program 24 jam siaran berita yang akan disiapkan melalui radio smart dan sempat diberlakukan ke seluruh jaringan radio smart,” ucapnya.

dibaca : 221

Laman: 1 2 3 4



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top