ikut bergabung

Masyarakat Diminta Waspada Bahaya Kebakaran Lahan


Sulsel

Masyarakat Diminta Waspada Bahaya Kebakaran Lahan

*Dampak Bahaya Musim Kemarau

SIDRAP, UJUNGJARI.COM — Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah mengingatkan masyarakat agar berhati-hati menghadapi musim kemarau panjang tahun ini.

Hal.itu ditegaskan mengingat bahaya kebakaran lahan rawan terjadi karena rerumputan maupun pohon-pohon mengalami kekeringan sehingga sangat rawan terpantik api yang cepat membesar karena tiupan angin kencang saat ini.

“Musim kemarau saat ini sudah berlangsung, saya himbau masyarakat agar tidak sembarang membuang puntung rokok ataupun membakar lahan tanpa ada pengawasan. Musim kemarau disertai angin kencang saat ini sering terjadi sehingga kita wajib waspada,”ungkap AKBP Erwin Syah memberikan himbauan kepada masyarakat, Kamis (31/08/2023).

Himbauan tersebut juga ditindaklanjuti oleh jajaran Polsek-Polsek termasuk para personil Polsek Pitu Riase, Polres Sidrap yang cepat dan tanggap mendatangi lokasi pembakaran lahan di dusun 6 Lariu, Desa Tanatoro, Kecamatan Pitu Riase, Kamis, 31 Agustus 2023, sekitar pukul 11.30 wita.

Personil Polsek Pitu Riase tiba dilokasi setelah menempu perjalanan kurang lebih dua jam. Dilokasi, personil melihat lahan persawahan yang dipenuhi jerami sudah terbakar.

Kapolsek Pitu Riase, IPDA Mangopo mengatakan sebelum kelokasi pihak kepolisian terlebih dahulu berkoordinasi dengan kepala desa dan masyarakat soal terdeteksinya titik api (Hotspot).

“Titik api tersebut terdeteksi pada Rabu tanggal 30 Agustus 2023, sekitar pukul 11.49 wita dengan titik koordinat -3.63437 – 120.0559 desa Tanatoro kecamatan Pitu Riase, Sidrap,” ucapnya.

Baca Juga :   Babinsa Kodim 1420 Laksanakan Pendampingan Vaksinasi Hewan Ternak

Adapun hasil koordinasi dengan aparat desa tersebut disebutkan bahwa hasil keterangan dari Ketua BPD Desa Tanatoro, Sukardi dan kepala dusun 2 Langgara tungga Jufri menyebut ada warga yang membakar jerami padi dilahan persawahan di dusun 6 lariu desa Tanatoro pada hari Rabu tanggal 30 Agustus 2023 sekitar pukul 11.30 wita di lokasi persawahan habis panen dengan luas 10×10 meter.

“Sehingga personil Polsek Pitu Riase yaitu Kanit Intel AIPTU Tahyuddin bersama Babinkamtibmas desa Tanatoro AIPTU Bahar T mendatangi lokasi pembakaran jerami padi,” kata IPDA Mangopo.

Dikatakannya, bahwa identitas milik lahan yang terbakar adalah Lendeng (60) petani asal dusun 2 Langgara tungga desa Tanatoro kecamatan Pitu Riase, Sidrap.

“Yang dibakar yaitu jerami padi hasil panen disawah dengan luas 10×10 meter dan Lendeng menunggu sampai api padam dan kembali kerumahnya setelah api padam,” ujarnya.

dibaca : 70

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top