ikut bergabung

Dishub Makassar Gandeng Fakultas Teknik Unhas Bahas Tatralok untuk Efisiensi Lalu Lintas


Makassar

Dishub Makassar Gandeng Fakultas Teknik Unhas Bahas Tatralok untuk Efisiensi Lalu Lintas

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM— Dinas Perhubungan Kota Makassar menggelar kegiatan Pemaparan Pendahuluan Tataran Transportasi Lokal (TATRALOK) Kota Makassar tahun 2023.

Kegiatan itu terlaksana atas kerjasama Dinas Perhubungan dengan Pusat Teknologi (Pustekno-COT) Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (FTUH).

Acara digelar di Exhibition Hall Ground Floor Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Jalan Poros Malino Kabupaten Gowa, Selasa, (29/08)

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Bidang Lalu Lintas Syafran, mewakili Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar Aulia Arsyad untuk memberikan kata sambutan.

Sejumlah instansi terkait, serta para pengamat transportasi dan sejumlah pejabat struktural Dinas Perhubungan Kota Makassar juga ambil bagian dalam agenda penting ini.

Kepala Bidang Lalu Lintas Kota Makassar Syafran, mengatakan TATRALOK sebelumnya yang dibuat pada tahun 2019 sudah tidak sesuai dengan keadaan lalu lintas Kota Makassar sekarang. Oleh karena itu, pihaknya berinisiatif untuk melakukan revisi.

Pada paparan pendahuluan ini Tim Penyusun telah menjelaskan rencana dan metode apa saja yang akan dilakukan untuk merealisasikan Tataran Transportasi Lokal Kota Makassar ini.

Latar belakang penyusunan Tataran Transportasi Transportasi Lokal ini karena meningkatnya jumlah penggunaan mobil pribadi dan mobilitas masyarakat serta belum maksimalnya penggunaan angkutan umum yang juga memberikan dampak kemacetan pada beberapa ruas jalan serta secara tidak langsung dapat meningkatkan polusi udara.

Tim Penyusun sendiri adalah tenaga ahli yang memiliki kepakaran di bidangnya dan berasal dari Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.

Baca Juga :   Dishub Makassar Juarai Turnamen Mini Soccer Peringati Harhubnas

Melalui penyusunan TATRALOK ini akan dilakukan pemetaan jaringan lalu lintas dan transportasi makro serta pengembangan sarana dan prasarana perhubungan yang terangkum dalam satu Tatanan Transportasi yang mengacu kepada kebijakan pengembangan wilayah Kota Makassar.

Diharapkan dengan adanya TATRALOK ini dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi lalu lintas dan manajemen transportasi makro yang terintegrasi di Kota Makassar.

Sebelum paparan pendahuluan ini telah dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama yang dilakukan antara Dinas Perhubungan Kota Makassar dengan Pusat Teknologi CoT Universitas Hasanuddin untuk penyusunan TATRALOK. (rhm)

dibaca : 111



Komentar Anda

Berita lainnya Makassar

Populer Minggu ini

Arsip

To Top