ikut bergabung

Antisipasi Banjir Saat Musim Hujan, Dinas PU Normalisasi Saluran Sekunder Tarakan


Makassar

Antisipasi Banjir Saat Musim Hujan, Dinas PU Normalisasi Saluran Sekunder Tarakan

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar melakukan pengerukan sedimentasi di saluran sekunder Jalan Tarakan dan Jalan Salemo Kelurahan Malimongan Kecamatan Wajo Kota Makassar.

Pengerukan drainase yang digelar Selasa (29/8) dilakuan untuk mengantisipasi genangan yang kerap dikeluhkan warga ketika musim hujan tiba.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, Zuhaelsy Zubir mengatakan, pihaknya menurunkan 22 petugas dari Satgas Drainase.

Wanita yang akrab disapa Helsy itu mengatakan, normalisasi saluran drainase dilakukan untuk memaksimalkan aliran air di sekitar wilayah tersebut.

Ada sejumlah titik di wilayah tersebut yang selalu tergenang saat hujan turun. Diantaranya Jalan Muhammadiyah, Satangnga, Muna, Kabaena, Irian, dan Bulusaraung.

“Saluran sekunder tersebut dibersihkan dari sedimentasi untuk mengantisipasi terjadinya genangan. Karena air di wilayah tersebut akan mengalir ke saluran sekunder,” ungkapnya.

Pengerukan saluran sekunder dilakukan menggunakan alat berat excavator spider dan tiga unit dump truck.

Rencana normalisasi saluran drainase sekunder tersebut akan dilaksanakan sekitar satu bulan.

Dimensi saluran sekunder ini memiliki lebar 3 meter dengan panjang 200 meter.

“Tahun ini kami masif mengeruk saluran sekunder agar saluran tersier yang terhubung dapat berfungsi dengan baik dan meminimalisir genangan yang ada di beberapa lokasi sekitar,” tandas Helsy. (drw)

Baca Juga :   Respons Cepat Keluhan Warga, Dinas PU Makassar Bersihkan Sedimentasi di Saluran Air Sekunder

dibaca : 149



Komentar Anda

Berita lainnya Makassar

Populer Minggu ini

Arsip

To Top