ikut bergabung

Koperasi Bisa RAT Jika Punya Neraca dan Laporan Laba Rugi


PELATIHAN. Para pengelola koperasi di Gowa serius mendengarkan materi-materi yang diberikan. (foto/ist)

Sulsel

Koperasi Bisa RAT Jika Punya Neraca dan Laporan Laba Rugi

GOWA, UJUNGJARI.COM — Satu koperasi akan disebut sehat jika mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) karena dalam RAT itu pengurus akan melakukan pembagian hasil usaha atau membagikan bonus untuk para anggotanya.

Jika satu koperasi mampu melakukan itu maka koperasi bersangkutan pasti sehat.
Peningkatan kompetensi pengurus dalam hal penyusunan laporan keuangan sangat diperlukan mengingat permasalahan yang terjadi di lapangan cukup tinggi.

Selama ini diakui Kadis Koperasi dan UKM Gowa Mahmuddin, hanya sedikit koperasi yang mampu menyusun laporan keuangan sesuai standar dan peraturan yang berlaku.

“Menyusun laporan keuangan adalah salah satu tugas pengurus koperasi yang diamanatkan dalam Pasal 30 UU Nomor 25 tahun 1992. Demikian juga dengan Pasal 35 dan PP peramanatan bahwa untuk menyelenggarakan RAT, pengurus harus menyusun laporan yang sekurang-kurangnya memuat neraca, laporan laba rugi serta penjelasan atas dokumen tersebut, ” papar Mahmuddin saat membuka Pelatihan Manajemen Keuangan Koperasi di aula kantor Kemenag Gowa, Sabtu (26/8/2023).

Pelatihan yang diselenggarakan Dekopinda Kabupaten Gowa menurut Mahmuddin, penguatan strategi dan modernisasi koperasi sekarang harus dilakukan mengingat saat ini berada pada era digital.

Hal yang perlu dilakukan jajaran pengurus koperasi seperti inovasi perluasan akses pasar dan pembiayaan, menyediakan infrastruktur dasar pengelolaan dan layanan digital, memperkuat jaringan strategi dengan mitra, dan memperkuat sistem pengawasan dan managemen risiko.

Baca Juga :   Urus Dokumen Kependudukan tidak Perlu Pakai Kartu Vaksin

Dalam kegiatan yang dihadiri Ketua Dewan Koperasi Wilayah (Dekopinwil) Sulawesi Selatan Asrullah, Ketua Dekopinda Gowa Abbas Alauddin dan Ketua KPRI Gowa Sappe Mangiriang ini, atasnama Bupati Gowa, Mahmuddin menambahkan pelatihan diharapkan dapat menerapkan Managemen Keuangan Koperasi yang tak hanya baik dan benar tapi juga sehat dan layak secara administrasi dan kelembagaan.

Mahmuddin menjelaskan, pemerintah telah mendorong pengembangan koperasi melalui regulasi dengan terbitnya UU Cipta Kerja pada tahun 2020.

“Undang-undang ini lahir untuk memberi kemudahan koperasi dalam berkembang dan berdaya saing. Sesuai amanat Peraturan Menteri Koperasi dan UKM-RI No 09 tahun 2018 tentang penyelenggaraan dan pembinaan perkoperasian bahwa pemerintah kabupaten kota sesuai kewenangannya menyelenggarakan pembinaan koperasi meliputi pelayanan administrasi Badan Hukum Koperasi, koperasi, usaha koperasi, permodalan koperasi, kebijakan dan strategi pembinaan serta koordinasi pembinaan, ” papar Mahmuddin.

dibaca : 145

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top