ikut bergabung

Ratusan Polisi Hijaukan Bantaran Jeneberang


POHON. Aksi tanam pohon yang dilakukan para personel Polres Gowa diantaranya Kasat Lantas AKP Ida Ayu di bantaran sungai Jeneberang.(foto/ist)

Sulsel

Ratusan Polisi Hijaukan Bantaran Jeneberang

GOWA, UJUNGJARI.COM — Sebanyak 2.000 bibit pohon ditanam serentak oleh personel Polres Gowa. Penanaman ribuan pohon ini dilakukan di bantaran sungai Jeneberang di Kelurahan Tompobalang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Rabu (23/8) pagi.

Penanaman pohon ini dilakukan usai zoom meeting Kapolres Gowa dengan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan para petinggi Polri lainnya. Aksi penanaman ini sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap lingkungan dan melibatkan seluruh personel Polisi lingkup Polres hingga Polsek jajaran se Indonesia termasuk di jajaran Polres Gowa.

Penanaman pohon bertema ‘Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini’ menurut Kapolres Gowa AKBP Reonald T Simanjuntak adalah aksi nyata Polri dalam melestarikan bumi. Banyak jenis bibit pohon ditanam dan lebih dominan pohon buah seperti rambutan, durian dan mangga.

Di Gowa sendiri, jajaran Polres fokus penanaman di area bantaran sungai Jeneberang. Bersama Wakapolres Gowa Kompol Soma Miharja, Ketua Bhayangkari Cabang Gowa Lidya Reonald, Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Gowa Ani Soma, para Pengurus Bhayangkari, para PJU, seluruh personel Polisi dan para ASN lingkup Polres Gowa dan para pengurus Bhayangkari Gowa, Kapolres Reonald menanam pohon.

“Ini merupakan aksi nyata Polri dalam melestarikan bumi yang digagas Kapolri bapak Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Pohon-pohon yang ditanam di sepanjang sungai tidak hanya akan memberikan manfaat ekologis, tapi juga dapat mengurangi risiko erosi dan banjir di masa mendatang serta menjadikan bantaran sungai lebih rindang dan sejuk,” kata AKBP Reonald Simanjuntak.

Baca Juga :   Kapolda Resmikan Masjid Al Ghaffar, Bupati Gowa Harap Toleransi Beragama Makin Kuat

Salah satu PJU yakni Kasat Lantas AKP Ida Ayu atau akrab disapa AKP Dayu ini mengatakan, penanaman pohon bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi juga tanggung jawab bersama seluruh pihak.

“Termasuk kami-kami ini prajurit Polri semuanya berkewajiban mendonasikan tenaga untuk menanam satu hingga beberapa pohon. Manfaatnya sangat besar, bukan hanya sebagai penyimpan air tanah tapi juga menjadi stok oksigen segar bagi kehidupan manusia, ” kata AKP Dayu.-

dibaca : 93



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top