ikut bergabung

Respon Cepat Aduan Kelurahan, Satgas Drainase PU Keruk Kanal Buloa


Makassar

Respon Cepat Aduan Kelurahan, Satgas Drainase PU Keruk Kanal Buloa

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Satuan tugas (Satgas) Drainase Dinas Pekerjaan Umum (PU) melakukan normalisasi kanal Buloa yang berlokasi di Jalan Teuku Umar 13 dan sekitarnya.

Normalisasi kanal tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti laporan dari pihak Kelurahan Buloa terkait banyaknya sampah, eceng gondok serta sedimen.

Kegiatan rutin normalisasi saluran sekunder ini merupakan agenda rutin yang dilakukan untuk mengembalikan fungsi kanal yang kerap dipenuhi sampah dan sedimentasi, terutama eceng gondok.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, Zuhaelsy Zubir menerangkan, sebanyak 15 petugas diturunkan untuk memaksimalkan kembali fungsi kanal Buloa.

Sebanyak tiga alat berat diturunkan untuk melakukan pengerukan, masing-masing satu unit alat berat Spyder Excavator dan dua unit dump truk.

Normalisasi kanal ini akan dilaksanakan selama enam hari, Senin hingga Sabtu, 24-29 Juli 2023.

Helsy melanjutkan, akibat sedimentasi dan eceng gondok yang memenuhi kanal, saat musim hujan tiba, di lokasi tersebut terjadi genangan.

“Beberapa lokasi juga terdampak dengan tinggi genangan rata rata 30-60 cm,” kata Helsy.

Lebih jauh dikemukakan, proses pengerjaan yang dilakukan Satgas Drainase di kanal tersebut adalah pengerukan sedimen saluran, pembersihan sampah dan eceng gondok dengan menggunakan alat berat.

“Normalisasi saluran tersier yang terhubung langsung ke saluran sekunder tersebut dilaksanakan secara manual oleh anggota Satgas Drainase,” jelasnya.

Lebih jauh dikemukakan, kegiatan normalisasi ini diharapakan bisa meminimalisir genangan yang terjadi di wilayah Kelurahan Buloa dan Kaluku Bodoa Kecamatan Tallo.

Baca Juga :   dr Udin "Nyelonong" Hadir di Gelar Senja Pramuka di BTP, Pengurus Kwarran: Siapa Itu, Tidak Kenal

“Kegiatan ini terlaksana hasil dari rapat koordinasi sebelumnya bersama para kepala kecamatan dan Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, dan kegiatan ini akan berkelanjutan seterusnya,“ tandas Zuhaelsi Zubir. (drw)

dibaca : 138



Komentar Anda

Berita lainnya Makassar

Populer Minggu ini

Arsip

To Top