ikut bergabung

BM IV Lampaui Target, 2024 Event Beautiful Malino Dibuat Lebih Booming


BLUDAK. Pengunjung hutan pinus Malino membludak saat artis-artis papan atas beraksi di panggung BM IV. (foto/ist)

Nasional

BM IV Lampaui Target, 2024 Event Beautiful Malino Dibuat Lebih Booming

GOWA, UJUNGJARI.COM — Fantastis. Event Beautiful Malino (BM) IV yang digelar 14-16 Juli 2023 lalu betul-betul menghipnotis masyarakat Sulsel dan masyarakat luar Sulawesi.

Selama tiga hari BM dihelat, event ini menyedot kurang lebih 78 ribu pengunjung berbagai umur dan nilai transaksi dari total event mencapai Rp25 miliar. Nilai ini tak lepas dari estimasi yang disebutkan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan sebelumnya.

Baik jumlah pengunjung dan hasil transaksi selama BM IV dibenarkan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa Andi Tenriwati Tahri. Kepada BKM saat dikonfirmasi, Jumat (27/7) Andi Tenri mengatakan selama tiga hari event BM digelar jumlah pengunjung awalnya diestimasi 70 ribu namun ternyata hasil akhir tercatat 78 ribu.
Para pelaku usaha di arena Bazzar Kuliner UMKM BM IV di hutan pinus Malino. (foto/sar)

“Memang jumlah pengunjung sangat besar, itu belum yang hanya nonkrong di sekitaran kota Malino bukan di kawasan pinus ataupun yang masuk di kawasan kuliner UMKM. Meski demikian kami yakin dari perhelatan BM tahun 2023 pastilah masih ada kekurangan di sana sini. Dan insya Allah BM 2024 nanti kita benahi kembali yang kurang. Kita akan kemas BM 2024 nanti lebih booming. Yang jelas kita upayakan selalu berikan yang terbaik untuk masyarakat, ” kata Andi Tenri.

Diakuinya, meski masih ada yang kurang namun dirasakan antusiasme masyarakat pengunjung ke Malino cukup besar. Andi Tenri yakin jumlah kunjungan masih banyak yang belum terdata. Yang masuk di catatan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan hanya data rill dari lokasi event termasuk penginapan, homestay, villa, hotel dan masih banyak juga yang berkemah di luar kawasan summer camp.

Baca Juga :   Kembangkan Konsep Diri Positif, Jauhi Perilaku Sebar Hoaks

Transaksi yang masuk ke kantong-kantong ekonomi masyarakat cukup besar. Selain dari Rp120 juta diperoleh dari tenant-tenant UMKM di bazaar kuliner event juga di luar kawasan bertebaran pedagang-pedagang dari masyarakat setempat di sepanjang jalan titik event.

Salah satu pelaku UMKM di Malino yakni Ratnasari yang merupakan salah satu UMKM binaan Pemkab Gowa mengaku cukup bahagia selama event terlaksana. Diakuinya, omzet yang diraihnya memang tidak banyak namun tidaklah juga sedikit.

Pemilik usaha Bakpia Markisa dengan merk usaha Dapoer Noyutri ini mengaku jika selama tiga hari event sangatlah berarti bagi usahanya dan rekan-rekan UMKM yang ada di Malino.

“Semoga BM V pada 2024 mendatang event BM lebih meningkat lagi. Kami juga sebagai UMKM akan lebih melakukan persiapan yang lebih baik lagi, ” kata Ratnasari.-

dibaca : 307



Komentar Anda

Berita lainnya Nasional

Populer Minggu ini

Arsip

To Top