ikut bergabung

Semangat Baru di Tahun Ajaran Baru dan Tahun Baru Hijriyah


Foto/Ist: Dr. Juhri, S.S., M.Hum

Pendidikan

Semangat Baru di Tahun Ajaran Baru dan Tahun Baru Hijriyah

Semangat tahun baru islam 1445 Hijriyah menjadi momentum yang sangat strategis untuk merekonstruksi ulang kembali makna dari hijrah yang sesungguhnya Hijrah menurut bahasa memiliki dua arti, pertama secara zhahiriy, yaitu perpindahan dari suatu tempat menuju ke tempat yang lebih baik. Dan kedua secara ma’nawiy, yaitu perubahan dari satu kondisi pada kondisi yang lebih baik.

Hijrah yang berakar kata hajara juga memiliki arti meninggalkan/menjauhkan diri. Ketiga sisi etimologis hijrah tersebut, baik secara dhahiriyah maupun maknawiyah, telah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW bersama para sahabat Ra, dari kota Mekah menuju Yatsrib (Al-Madinah Al-Munawwarah).

Lalu bagaimana berhijrah pada konteks pendidikan kekinian?
Hijrah adalah sebuah upaya keras (jihad) untuk memperbaiki kualitas hidup yang berisi dan menuju kepada kebaikan dan perbaikan.

Baca Juga

Hijrah dalam konteks pendidikan bisa saja dimaknai secara dhahiriyah yaitu dengan merubah wajah atau lingkungan sekolah yang dulunya kumuh, kotor, jorok, dll menjadi sekolah bersih, aman, sehat, indah, rapi, asri, dan harmoni (Bashirah).

Dan yang terpenting adalah hijrah secara maknawiyah yaitu melakukan transformasi nilai-nilai pendidikan yang dulunya adalah pendidikan yang berorientasi pada capaian materialistik keduniaan berubah menjadi pendidikan yang berkarakter.

Pendidikan karakter inilah yang sesungguhnya menjadi visi kerasulan Nabi Muhammad SAW sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah SWT “Dan sesungguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti yang luhur”. (QS. Al-Qalam; 68 : 4), begitupun dalam hadis dijelaskan “Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan akhlak” (HR. Al Baihaqi).  (**)

Baca Juga :   Hadiri Acara Penerimaan Mahasiswa Baru, Gubernur Kaltara Yakin Tahun Depan UBT Sudah Terima Maba Fakultas Kedokteran

dibaca : 107

Laman: 1 2



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Pendidikan

Populer Minggu ini

Arsip

To Top