ikut bergabung

Delapan Fraksi DPRD Gowa Lanjutkan Bahas Pertanggungjawaban APBD 2022


Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni.(foto/ist)

Sulsel

Delapan Fraksi DPRD Gowa Lanjutkan Bahas Pertanggungjawaban APBD 2022

GOWA, UJUNGJARI.COM — Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2022 akhirnya setuju dibahas ke tahap selanjutnya oleh delapan fraksi DPRD Gowa.

Persetujuan pembahasan ini disampaikan para juru bicara fraksi saat menyampaikan pemandangannya pada rapat pemandangan umum Fraksi-fraksi DPRD Gowa, di ruang rapat paripurna DPRD Gowa, Selasa (18/7) siang.

Delapan Fraksi DPRD Kabupaten Gowa, menyetujui membahas sesuai dengan mekanisme yang ada. Hal itu terlihat saat masing-masing juru bicara fraksi menyampaikan pemandangannya.

Juru bicara Fraksi Demokrat Ardiansyah Sabir menyampaikan bahwa pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran APBD 2022 yang telah disampaikan oleh Bupati Gowa pada sidang paripurna sebelumnya, Fraksi Demokrat memandang dan mengapresiasi atas segala upaya pemerintah daerah atas capaian kinerja tahun anggaran 2022 tersebut dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian.

“Laporan pertanggungjawaban anggaran APBD tahun anggaran 2022 Pemerintah Kabupaten Gowa yang telah diaudit BPK ini tentunya telah memenuhi standar akuntansi pemerintahan yang memiliki sistem pengendalian kntern yang memadai serta adanya ketaatan dan kepatuhan pada peraturan perundang-undangan,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Zulfiadi dari Fraksi Amanat Sejahtera. Zulfiadi menyampaikan rasa terima kasih dan rasa bangga kepada Bapak Bupati Gowa karena pemerintah Kabupaten Gowa kembali mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

“Fraksi Amanat Sejahtera sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Gowa atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2022 kembali mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian yang ke-11 kalinya ini tidak terlepas dari sinergitas dan kolaborasi antara eksekutif dan legislatif untuk membangun Kabupaten Gowa,” kata Zulfiadi.

Baca Juga :   PPDB Non Zonasi SMA Negeri I Barru Dibuka Pekan Depan

Dikatakan Zulfiadi, pihaknya juga menyampaikan pemandangan Fraksi terkait penyerahan rancangan Perda pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran Pemkab Gowa 2022.

“Pertama memberikan apresiasi atas opini Wajar Tanpa Pengecualian agar bisa dipertahankan. Kedua, Pemerintah Kabupaten Gowa untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah semaksimal mungkin sesuai potensi yang ada karena melihat pertumbuhan ekonomi saat ini diperkirakan akan melambat. Ketiga, diharapkan pemerintah daerah dalam meregistrasikan penyerapan anggaran SKPD dan alternatif strategi berdasarkan karakteristik pembelanjaan dan Keempat, diharapkan penyerapan anggaran yang tidak proporsional kiranya dapat diminimalisir terutama dalam menyediakan sarana dan prasarana publik dan kegiatan yang sifatnya selingan,” kata Zulfiadi.

dibaca : 111

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top