ikut bergabung

Jukuja Maskot Pekan Olahraga Kota Makassar 2023, Ini Makna dan Filosopinya


Porkot Makassar 2023

Jukuja Maskot Pekan Olahraga Kota Makassar 2023, Ini Makna dan Filosopinya

MAKASSAR,UJUNGJARI.COM–Jukuja menjadi maskot Pekan Olahraga Kota VIII Makassar 2023. Maskot Porkot ini sudah dilaunching di Mal Ratu Indah Makassar, Sabtu, 8 Juli lalu.

Peluncurannya dihadiri Ketua Umum KONI Makassar, Ahmad Susanto bersama Wali Kota Makassar yang diwakili Staf Ahli, Andi Irwan Bangsawan, dan Kadispora Makassar, Andi Patiware.

Jukuja merupakan singkatan dari juku eja. Kata ini diambil dari nama jenis ikan kakap merah yang dalam bahasa Makassar disebut juku eja yang berarti ikan merah.

Fauna laut perairan Makassar yang kaya akan kandungan protein ini sangat bermanfaat bagi kesehatan sehingga menjadi salah satu sumber nutrisi yang baik untuk semua. Itu sebabnya juku eja menjadi salah satu bahan kuliner kenamaan di Kota Makassar yang kini memiliki branding sebagai kota makan enak.

Bentuk sirip jukua menyerupai layar kapal sebagai representasi Makassar adalah kota maritim. Jukuja juga mengenakan jas tutup merah yang merupakan pakaian adat khas laki-laki suku Bugis dan Makassar.

Sarung berwarna orange dengan motif kotak yang melingkari pinggangnya merupakan sarung khas yang dinamai Lipa’ Sa’be. Ukiran Jukuja di dada kanan ditulis dalam aksara Lontara.

Selanjutnya ada lambang Pekan Olahraga Kota ke-8 Makassar tahun 2023 di sisi kiri dada merupakan identitas Jukuja sebagai maskot acara.

Adapun badik yang disampirkan di pinggang kanan merupakan senjata khas suku Bugis dan Makassar dalam menjaga kehormatan dengan prinsip Siri’ na pacce.

Baca Juga :   Tamalate Berjaya di Kolam Renang Unhas, Hari Pertama Rebut Tiga Medali Emas

Pekan Olahraga Kota VIII Makassar 2023 dijadwalkan akan berlangsung September 2023 mendatang. Event olahraga terakbar di Makassar ini akan mempertandingkan 27 cabang olahraga prestasi dan sepuluh cabang olahraga eksibisi. (pap)

dibaca : 302



Komentar Anda

Berita lainnya Porkot Makassar 2023

Populer Minggu ini

Arsip

To Top