ikut bergabung

Proyek Land4Lives Garap Tiga Provinsi, Dukung Petani Kecil Menghadapi Perubahan Iklim


Berita

Proyek Land4Lives Garap Tiga Provinsi, Dukung Petani Kecil Menghadapi Perubahan Iklim

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — World Agroforestry (ICRAF) Indonesia tengah menjalankan Proyek Sustainable Landscapes for Climate Resilient Livelihoods (Land4Lives) di tiga provinsi sebagai dukungan terhadap penghidupan berketahanan iklim dan ketahanan pangan untuk masyarakat rentan, terutama kepada perempuan dan anak perempuan.

Lewat kerja sama dengan pemerintah daerah, mulai dari tingkat provinsi hingga tingkat desa, proyek Land4Lives akan membantu memperbaiki tata kelola dan pengelolaan bentang lahan melalui kebijakan pembangunan hijau dan memperkuat ketahanan pangan.

Proyek ini juga sebagai upaya meningkatkan penghidupan petani kecil, masyarakat miskin dan kelompok perempuan kepala rumah tangga di Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur.

Saat ini Proyek Land4Lives wilayah provinsi Sulawesi Selatan telah memasuki tahap konsultasi publik 1 Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RPJPD untuk tahun 2025-2030, yang digelar di Hotel West Bestern Makassar, Kamis (15/6).

Koordinator Proyek Land4Lives Provinsi Sulsel Muhammad Syahrir mengatakan bahwa kegiatan KLHS ini sebagai langkah strategis dalam mendukung proyek ini.

“Penyusunan KLHS RPJPD ini bagi kami merupakan salah satu kegiatan yang sangat strategis di provinsi karena berkaitan dengan upaya daerah menghadapi perubahan iklim,” ungkapnya.

Ia menuturkan dalam KLHS ini akan membahas mengenai adaptasi perubahan iklim dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi hijau.

“Selain itu yang kami harapkan dalam KLHS ini yang bisa menjadi mainstreaming antara lain bagaimana pertumbuhan ekonomi hijau Sulsel kemudian upaya adaptasi perubahan iklim serta juga terkait dengan isu-isu gender yang ada didalamnya,” terangnya.

Baca Juga :   Festival Ramadan Hotel Premier Resmi Dibuka, Gelar Berbagai Lomba dan Bazar UMKM

Syahrir berharap konsultasi publik ini menjadi langkah untuk mensukseskan pertumbuhan ekonomi hijau ditengah perubahan iklim kedepan.

“Melalui program Land4Lives ini harapan kami akan tercipta peningkatan kualitas penghidupan kemudian ketahanan pangan, mata pencaharian dan ekonomi lokal yang tahan kepada perubahan iklim utamnaya kepan kelompok yang rentan terhadap perubahan iklim,” paparnya.

Dikonfirmasi Asisten perekonomian dan pembangunan Sulsel, Ichsan Mustari mengemukakan bahwa kegiatan KLHS ini penting untuk membahas langkah mitigasi dan antisipasi perubahan iklim.

“Kita tahu sendiri bahwa saat ini isu utama didunia terutama di Indonesia salah satunya masalah perubahan Iklim, maka tentu harus ada langkah mitigasi, langkah pencegahan berdasarkan perhitungan yang kita buat,” ungkap Ichsan.

dibaca : 115

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top