GOWA, UJUNGJARI.COM — Monitoring dan evaluasi (Monev) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Gowa kembali digelar, Jumat (9/6/2023) di Baruga Karaeng Pattingaloang kantor Pemkab Gowa.

Dalam monev tersebut, Sekretaris Kabulaten Gowa Kamsina yang hadir membuka kegiatan yang diikuti para Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi itu berharap monev ini menghasilkan rekomendasi dan langkah konkret untuk meningkatkan kinerja PPID di Kabupaten Gowa.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Monev ini harus menghasilkan langkah konkret yang dapat diimplementasikan secara efektif sehingga mampu memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat dan pemerintahan kita,” tandas Kamsina didampingi Kadis Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa Arifuddin Saeni.

Kamsina mengatakan, dalam penyediaan pelayanan informasi publik yang berkualitas, PPID harus terus berbenah dan menyusun strategi agar target yang direncanakan dapat tercapai. Dan strategi dan kebijakan yang dilahirkan harus benar-benar diterapkan salah satunya sistem informasi yang terintegrasi.

“Kami menyakini membangun sistem informasi publik yang terintegrasi dan mudah diakses oleh masyarakat merupakan sebuah kebutuhan yang penting, seperti pembuatan website PPID dan pengelolaan media sosial juga harus menjadi fokus, serta kebijakan melalui Peraturan Bupati Nomor 21 tahun 2018 menjadi acuan dalam penyediaan informasi,” kata Kamsina.

Mantan Inspektur Inspektorat Gowa inipun mengimbau, baik PPID utama maupun pelaksana agar rutin melaksanakan monev internal agar predikat Kabupaten Gowa bisa meningkat minimal menuju informatif yang akan bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat yang ada.

Sementara Kadis Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa Arifuddin Saeni mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan kelembagaan dan peran PPID dalam melakukan pelayanan informasi publik bagi masyarakat.

“Juga dapat mendorong terwujudnya implementasi undang-undang keterbukaan informasi publik secara efektif dan hak-hak publik terhadap informasi yang berkualitas dapat terpenuhi dengan baik, ” jelas mantan Kabag Humas Setkab Gowa ini dihadapan 63 peserta monev terdiri dari admin PPID pelaksana dari perwakilan setiap SKPD lingkup Pemkab Gowa. –