ikut bergabung

Tarian Asal Sulsel Ikut Meriahkan Temu Budaya Indonesia – Jerman di Eschborn


BUDAYA. Sejumlah budaya nusantara ditampilkan dalam gelar budaya Indonesia-Jerman di Eschborn. (foto/ist)

Berita

Tarian Asal Sulsel Ikut Meriahkan Temu Budaya Indonesia – Jerman di Eschborn

JERMAN, UJUNGJARI.COM — KJRI Frankfurt bekerjasama dengan Deutsch-Indonesische Gesellschaft (DIG) Rhein-Main eV telah menyelenggarakan acara Der Deutsch-Indonesische Kultur-Begegnungstag (Hari Pertemuan Budaya Indonesia-Jerman) pada Sabtu (20/5/2023) di Balai Kota Eschborn.

Acara ini digelar untuk mewujudkan kerjasama dalam bidang ekonomi, sosial budaya, hingga people-to-people contact. Acara dimeriahkan dengan beragam kegiatan antara lain festival kuliner, pagelaran seni budaya maupun workshop batik.

Ketua DIG Rhein-Main eV Rusdin Sumbajak menyampaikan harapan agar hari pertemuan budaya ini memberikan kontribusi konkret untuk memperkuat dan memperdalam hubungan antara Indonesia dan Jerman. Pertemuan Budaya Indonesia-Jerman secara resmi dibuka oleh Konsul Jenderal RI Frankfurt Acep Somantri.

“Eschborn merupakan kota yang tepat untuk menyelenggarakan kegiatan promosi Indonesia karena selain secara lokasi dekat dengan Frankfurt, Kota Eschborn juga merupakan tempat asal berbagai perusahaan ternama serta organisasi terkemuka di Jerman,” kata Acep Somantri.

Acep mengatakan kegiatan ini adalah momentum yang baik untuk memulai kolaborasi yang lebih intens dengan Kota Eschborn.

Walikota Eschborn Adnan Shaikh, turut menyambut terselenggaranya pertemuan budaya Indonesia-Jerman di Eschborn untuk kali pertama. Walikota Eschborn mengagumi indahnya pertemuan dua budaya melalui bahasa universal yang dapat dimengerti oleh seluruh kalangan yaitu musik dan kuliner.

Mengawali pagelaran seni budaya, alunan musik gamelan oleh grup Wacana Budaya menjamu para pengunjung yang mulai berdatangan. Perpaduan kultur Indonesia dan Jerman disajikan dalam bentuk seni pertunjukan tari, musik dan suara. Seni tradisional dan modern berpadu apik mewarnai Hari Pertemuan Budaya Indonesia-Jerman.

Baca Juga :   Babinsa Koramil 1420-07/Baranti Komsos Dengan Anak SD, Beri Arahan Tentang Menjadi Anak Disiplin dan Rajin Baca Buku

Musik dan tari dari berbagai daerah Indonesia ditampilkan dan mendapatkan aplous dari para pengunjung yang hadir. Diantara tarian yang ditampilkan itu yakni tari Batu Lapidde (Sulawesi Selatan), tari Batin Kemuning (Riau) dan tari Enggang (Kalimantan Barat) oleh Pesona Indonesia dan Friends.

Tari Pasambahan (Sumatra Barat) dan tari Margapati (Bali) oleh Swargaloka Kassel. Tari Panyembrama (Bali) oleh Kami-mahsae Hannover.

Ada juga paduan suara dari Singfonie Eschborn pimpinan Dr Dietrich Buß yang beranggotakan 35 orang serta penampilan terompet alphorn oleh DIG Rhein-Main eV berbaur dengan medley lagu nusantara dan lagu populer Jerman oleh Grup Angklung KJRI Frankfurt.

dibaca : 107

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top