ikut bergabung

Tanpa AC, Penonton Pertunjukan “Toddopuli di Negeri Siam” di Societeit de Harmonie Membeludak


PERTUNJUKAN. Salah satu adegan pertunjukan "Toddopuli di Negeri Siam" di Gedung Kesenian Sulsel, Minggu (13/5) malam.

Berita

Tanpa AC, Penonton Pertunjukan “Toddopuli di Negeri Siam” di Societeit de Harmonie Membeludak

MAKASSAR,UJUNGJARI.COM–Cuaca di Makassar Sabtu siang, 13 Mei 2023 sedikit diguyur hujan. Tapi tidak lama. 10 tenda di halaman Gedung Kesenian Societeit de Harmonie Makassar diisi oleh UKM dan mulai menyiapkan beragam jualan. Para aktor, penari dan pemusik yang mendukung pertunjukan Teater Tari Musik “Toddopuli di Negeri Siam” mulai berdatangan ke Gedung Kesenian warisan kolonial belanda.

Gedung ini tidak terawat. Tidak ada lighting dan sound. Semua Ac-nya rusak. Ruang ganti kostum dan rias sangat kotor, berdebu tanpa lampu, tanpa AC dan tanpa cermin. Sangat pengap dan panas. Toilet untuk penonton rusak total. Untung masih ada 1 toilet untuk pengisi acara.

Bagi penyewa gedung ini, harus menyesuaikan dengan gedung yang parah ini. Penyewa harus membersihkan sendiri ruang penonton, ruang loby, ruang artis, ruang kostum dan rias, ruang panggung dan toliet. Keramik di lantai ruang artis bobol dan pecah-pecah. Lantai ruang balkon yang biasa ditempati penonton jebol, tidak bisa dipakai.

Hanya penonton yang berani siap tersungkur yang mau duduk di kursi di ruang balkon itu. Untung
lantai panggung pertunjukan baru selesai diperbaiki. Dan untung juga kursi-kursi penonton di
ruang penonton masih utuh walaupun berdebu.

Siapakah yang bertanggung jawab terhadap gedung kesenian tersebut? Siapakah pengelolanya? Pastilah Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sebagai pengelola. Dan pastilah juga DPRD Sulsel sebagai pengawas program pemerintah. Dan semoga nasibnya tidak seperti Stadion Matoanging yang telah dirobohkan oleh pemerintah sendiri? Wallahualam. Semoga tidak terjadi.

Baca Juga :   Berbagi Tali Asih Dhuafa, PT.Whyka Ekspress Logistik Sumbang Daging Sapi Qurban 1,2 Ton

Naskah pertunjukan ini ditulis dan disutradarai oleh maestro teater Dr Asia Ramli, dosen
Sendratasik Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar.

Teater ini diproduksi oleh Teater Kita Makassar kerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Makassar dan Prodi Sendrstasik dan dipentaskan dalam “Festival Seni Pertunjukan 2023” pada Sabtu,
13 Mei 2023 pukul 19.30 di Gedung Kesenian Societeit de Harmonie Makassar.

Pertunjukan ini didukung oleh Andi Taslim Saputera, S.Pd S.Sn (Co Director), Dr Arifin
Manggau (Composer), Dr Joharlinda dan A. Asrul, Rifai, Andi (Penata Gerak), Rahma, S.Pd., S.Sn., dan Ardiyansyah Anwar (Penata Kostum/Rias) serta Ahmad dan Muh Yusuf B (Asisten Composer).

Selain itu juga ada Andi Hendra, S.Pd dan Aco Sulsafri (Pimpinan Produksi), Andi Nasrullah Jaka (Penata Artistik), Rezky, Adel, Aldy (Video Art dan Dokumentasi), Jamal April Kalam (Stage Manajer), Iswandi Cua dan Sukma (Penata Lighting), Arham, Arga, Indra Kirana, Egis (Kru Panggung), Irwan Brutus (Publikasi).

dibaca : 272

Laman: 1 2 3 4 5



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top