ikut bergabung

Gandeng Limbung Limbah Perkasa, Adnan Harap Sisa 30 Persen Sampah Masuk ke TPA


KERJASAMA. Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama Dirut PT Limbung Limbah Perkasa Muh Saleh menandatangani MoU kerjasama pengelolaan sampah.(foto/ist)

Sulsel

Gandeng Limbung Limbah Perkasa, Adnan Harap Sisa 30 Persen Sampah Masuk ke TPA

GOWA, UJUNGJARI.COM — Pemerintah Kabupaten Gowa menggalang kerjasama pengelolaan persampahan dengan PT Limbung Limbah Perkasa. Kerjasama ini ditandai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dengan Direktur Utama PT Limbung Limbah Perkasa Muhammad Saleh, Senin (8/5) usai coffee morning di Baruga Karaeng Pattingaloang kantor Pemkab Gowa.

Dalam penandatanganan kerjasama ini, Bupati Gowa mengatakan nantinya Kabupaten Gowa yang akan menyiapkan lahan dan bangunan, sementara PT Limbung Limbah Perkasa yang menyiapkan mesin pengolahannya.

“Iya jadi Pemkab Gowa yang siapkan lahannya sementara kami siapkan mesin dan sistem untuk pengolahan limbah sampah yang ada di TPA Bajeng, ” jelas Dirut PT Limbung Limbah Perkasa Muhammad Saleh.

Dikatakan Saleh, dalam operasional pengolahan limbah atau sampah ini, pihaknya tetap berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gowa dimana DLH tetap menangani pengambilan sampah dari masyarakat dan membawanya ke TPA di Caddika, Limbung, Kecamatan Bajeng.

“Iya nanti di TPA, kami yang sortir mana sampah yang berguna dan mana yang akan dibuang. Jadi kami ada tim khusus yang memilah di TPA,” jelas Saleh.

Diakui Saleh semua daerah memiliki kendala terkait persampahan, regulasi aturan yang dibuat masih kurang jadi pihaknya pun menjemput itu di hilir.

“Kami sudah mengedukasi masyarakat namun karena armada dan tim yang tidak memadai sehingga kita yang kelola nanti di TPA menggunakan mesin pemilah. Jadi misalnya jika total sampah 100 persen atau 165 ton yang diolah, yang kembali ke TPA tersisa 30 persen inilah yang akan terbuang ke TPA, ” papar Saleh di hadapan Bupati Gowa dan para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa yang hadir dalam penandantangan MoU tersebut.

Baca Juga :   Ratusan CJH Pangkep Terima Bimbingan Manasik Haji

Saleh pun berharap dengan adanya pengelolaan sampah yang optimal ini maka diakuinya pihaknya bisa membantu Pemkab Gowa untuk bisa meraih Adipura.

Sementara itu Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan semua kabupaten memiliki permasalahan terkait sampah, bukan hanya Kabupaten Gowa..

“Jika soal sampah ini tidak diantisipasi dengan baik dan tidak dilakukan antisipasi dari sekarang maka ini seperti bom waktu yang akan meledak beberapa tahun ke depan. Oleh karena itu ini harus dilakukan antisipasi dari sekarang, Kenapa harus dilakukan antisipasi karena BPS (Badan Pusat Statistik) menunjukkan pertumbuhan penduduk Kabupaten Gowa setiap tahunnya 4 persen karena urban, sehingga kita sulit sekali untuk melakukan pengelolaan sampah kalau misalnya kita tidak berkolaborasi dengan seluruh pihak apalagi orang yang betul-betul berkompeten menangani persoalan sampah, ” kata Adnan menjelaskan alasan dilakukan MoU dengan PT Limbung Limbah Perkasa ini.

dibaca : 192

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top