ikut bergabung

Amien Rais: Sebaiknya Cawapres Anies dari Kawasan Timur


Berita

Amien Rais: Sebaiknya Cawapres Anies dari Kawasan Timur

JAKARTA, UJUNGJARI.COM – Terkait siapa sosok yang cocok menjadi pendamping Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 mendatang, Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais memberi masukan.

Amien mengatakan Anies harus melihat lumbung suara. Menurutnya, Anies punya basis massa di Jakarta, Jawa Barat, Banten, Sumatera, dan Jawa Tengah.

“Jawa Timur ini mungkin juga dapat tapi tidak prioritas,” kata Amien ditemui wartawan di kompleks Yayasan Budi Mulia Dua, Sleman, DIY, Sabtu (29/4).

Kemudian untuk sosok cawapres, menurut Amien bisa dipilih dari Indonesia timur. Hal ini seperti saat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berpasangan dengan Jusuf Kalla (JK).

“Karena selama ini rakyat Indonesia di bagian timur itu kadang-kadang terlupakan. Kita selalu melebihkan yang di Jawa, Sumatera, mungkin Kalimantan, barat pokoknya,” ujarnya.

“Bahkan kemudian pembangunan-pembangunan pun kemudian lebih banyak di barat daripada di timur. Nah mungkin ini salah satu pertimbangannya,” urainya.

Diketahui, Partai Ummat merupakan salah satu partai yang mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

Calon Indonesia Timur

Pernyataan yang disampaikan Amien Rais tersebut memberi penegasan bila faktor geopolitik menjadi sangat menentukan dalam kemenangan capres dan cawapres.

Diketahui, dalam berbagai survei yang telah dilakukan, suara dari kawasan Indonesia timur menjadi penentu kemenangan kandidat pada Pilpres sebelumnya.

Menurut pengamat politik dari Unhas, Adi Suryadi Culla, dalqm survei Index Indonesia, ditegaskan bahwa Pemilih dari Kawasan Timur Indonesia (KTI) selama ini menjadi penentu kemenangan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden di Indonesia.

Baca Juga :   Tim Dalproggar Korem 141 Toddopuli pusatkan kegiatan di Makodim 1420 Sidrap

Sebagai pembanding, penentu kemenangan Joe Biden dalam pilpres Amerika Serikat baru-baru ini, adalah kontribusi suara yang diraup oleh Kemala Harris yang mampu memperoleh simpati dari kalangan pemilih imigran Amerika.

“Jadi dalam konstalasi politik Pilpres Indonesia, faktor ketewakilan wilayah dan daerah menjadi sangat penting karena ini menyangkut sejarah keutuhan dan integrasi kebangsaan”, katanya.

Lalu siapa calon dari Indonesia Timur yang layak mendampingi Anies? Tokoh dari Indonesia Timur yang namanya saat ini tengah menjadi sorotan adalah Menteri Pertanian era Jokowi-JK, Andi Amran Sulaiman (AAS).

Selama ini, AAS telah menjadi tokoh representasi Indonesia Timur menggantikan Jusuf Kalla (JK). Dari survei-survei yang ada, basis suara AAS di Indonesia Timur sangat solid yang membentang dari Sulawesi, Papua, NTB, NTT hingga Kalimantan.

dibaca : 139

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top