GOWA, UJUNGJARI.COM — Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Gowa terus melakukan posko mudik lebaran 1444H. Posko ini dipusatkan di poros batas kota Gowa-Makassar di Jl Sultan Hasanuddin dan bertugas hingga 25 April 2023 sejak mulai difungsikan 20 April dua hari sebelum lebaran Idul Fitri 1444H.

Selama posko, PMI Gowa yang mengerahkan 23 anggota posko bersinergi dengan petugas Satlantas Polres Gowa dan Dishub Gowa melakukan pelayanan terhadap para pemudik baik yang arus mudik maupun arus balik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Seperti pelayanan pertolongan pertama dilakukan PMI terhadap sepasang suami istri yang mudik dari Makassar ke Desa Pakkatto, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa yang terlibat lakalantas di batas kota tepat di area traffic light pada Jumat (21/4/2023) pada pukul 17.35 Wita.

Korban bernama Hasnawati (40) yang dibonceng suaminya bernama Jumail Dg Rurung (49). Hasnawati mengalami luka
pada pergelangan tangan (lecet) setelah sepeda motor yang dikendarai bersama suaminya terlibat tabrakan dengan kendaraan lain sehingga terjatuh.

Koordinator Bidang Pelayanan Sosial dan Kesehatan PMI Gowa Muh Fajar Karnah mengatakan, pelaksanaan posko mudik ini sebagai salah bentuk pelayanan PMI Gowa bagi para pemudik agar senantiasa bisa merasa nyaman pada saat mudik dan balik ke rumahnya.

Dengan tema ‘PMI Selalu Bantu’ tambah Fajar, maka PMI selalu ada untuk masyarakat. “Jadi kami akan bertugas di posko mudik ini hingga 25 April nanti, ” kata Fajar.

Sementara Koordinator Posko Mudik Lebaran 1444H Abdul Latief Rajab mengatakan dalam aktivitas berposko, PMI menurunkan 10 orang Tenaga Suka Rela dan Korps Suka Rela Unit Markas PMI Gowa yang dibagi dua shift.

Untuk shift pertama bertugas mulai pukul 09.00 Wita sampai pukul 16.00 Wita dan shift kedua pada pukul 17.00 Wita hingga 22.00 Wita.

Dikatakannya, posko mudik ini merupakan salah satu program kerja pengurus PMI Gowa tahun 2023. Selain itu juga sesuai dengan petunjuk dari PMI Pusat berdasarkan surat Nomor 268/KES/IV/2023 tentang Siaga PP dan Ambulance Siaga Lebaran 2023. Kegiatan posko mudik ini berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Gowa dan TNI/Polri.

Sementara itu Ketua PMI Gowa Abd Rauf Malaganni yang juga Wakil Bupati Gowa sangat mengapresiasi posko mudik PMI ini.

“Kegiatan posko ini sebagai bukti bahwa PMI selalu siap siaga dan selalu siap membantu masyarakat, ” kata Rauf Kr Kio sebutan akrab Ketua PMI Gowa. –