ikut bergabung

Beragaman Tanaman Komoditas Mulai Kangkung hingga Toga di Lorong Wisata Az-Zahra Nyon


Makassar

Beragaman Tanaman Komoditas Mulai Kangkung hingga Toga di Lorong Wisata Az-Zahra Nyon

MAKASSAR, UJUNGJARI— Melalu program Badan Usaha Lorong (BUL) warga yang bermukim di Lorong Wisata

Azzahra Nyon, Jalan Batu Doang RT 06 RW 03 Kelurahan Kapasa Raya, Kecamatan Tamalanrea
melakukan beragam aktifitas ekonomi.

Warga di lorong wisata tersebut saling bahu membahu untuk membangkitkan ekonomi dan menggairahkan lorong agar tetap hidup.

Salah satunya, menanam beragam tanaman komoditas seperti kol, sawi, pakcoy, cabai, kangkung, hingga tanaman obat keluarga (toga).

Menurut Lurah Kapasa Raya Abu Bakar, keunggulan lorong Azzahra Nyon terletak pada pengembangan usaha sayuran yang beraneka ragam.

“Uniknya, karena warga disini saling membantu menyediakan pembibitan sayurannya sendiri yang berbagai jenis. Mereka khusus membuat green house khusus untuk area pembibitan,” ungkap Abu Bakar.

Dimotori oleh ibu-ibu dari Kelompok Wanita Tani (KWT) Azzahra, aneka tanaman komoditi yang budidayakan sudah berkali-kali dinikmati warga.

Bahkan, belum lama ini, mereka berhasil memanen sejumlah tanaman, salah satunya tomat, yang ditanam beberapa bulan lalu.

Karena fokus pada budi daya tanaman komoditi, Lorong Wisata Azzahra Nyon sangat asri dan menyejukkan mata.

Hampir semua tempat kosong ditanami beragam tumbuhan. Karena dirawat dan dijaga dengan baik, tanaman-tanaman tersebut tumbuh dengan baik.

Abu bakar mengatakan, Lorong Wisata Az-Zahra memiliki karakter yang berbeda dengan lorong binaan yang ada selama ini.

Masyarakat di sana, khususnya ibu-ibu sejak dulu memang punya kebiasaan bercocok tanam.

Baca Juga :   Gubernur NA Target Realisasi Anggaran 25 Persen Triwulan I 2021

“Jadi, aneka tanaman bisa ditemukan di sana. Sampai tanaman herbal yang digunakan untuk pengobatan tradisional pun banyak ditanam sama warga,” ungkap Abu Bakar.

Tidak hanya itu, di sana, ada beragam pelaku UMKM yang mengembangkan usahanya dengan baik.

Warga memiliki organisasi khusus untuk pengembangan UMKM bernama Kelompok Wirausaha bersama Azzahra.

Ada beragama aktifitas usaha yang dikembangkan. Mulai kuliner, pakaian, budidaya ikan lele, hingga online shop bisa ditemukan di sana.

Khusus di bidang kuliner, di Lorong Wisata Az-Zahra Nyon ada Kelompok Usaha Bersama (Kube) Al Jannah. Mulai dari beragam penganan kue, lauk dan pauk, menjadi usaha warga dalam meningkatkan pendapatan.

“Lorong wisata merupakan program Pemerintah Kota Makassar yang muaranya kesejahteraan rakyat. Melalui program ini, pemkot mendorong kemandirian dan kreatifitas warga dalam meningkatkan pendapatan serta taraf ekonomi. Tentunya dengan pendampingan yang diberikan oleh Pemkot Makassar,” tandas Abu Bakar. (*)

dibaca : 42



Komentar Anda

Berita lainnya Makassar

Populer Minggu ini

Arsip

To Top