ikut bergabung

Sekda Palopo Buka Lokakarya dan Pameran Hasil Belajar Program Guru Penggerak Angkata VI


Sulsel

Sekda Palopo Buka Lokakarya dan Pameran Hasil Belajar Program Guru Penggerak Angkata VI

PALOPO, UJUNGJARI– Sekretaris Daerah Palopo, Drs. Firmanza D.P.,S.H.,M.Si mewakili Walikota Palopo menghadiri dan membuka Lokakarya 7 dan Pameran Hasil Belajar Program Guru Penggerak Angkatan 6 Kota Palopo di Auditorium Saokotae Palopo, Sabtu (15/04/2023).

Kegiatan diawali dengan persembahan Tari Ma’silaga-laga oleh sanggar seni SDN 12 Langkanae dan dilanjutkan dengan kesan dan pesan dari PP & CGP.

Laporan pelaksana kegiatan oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Palopo Asnita Darwis, S.STP mengatakan, program ini dilaksanakan selama 6 bulan melalui pelatihan daring lokakarya konferensi dan pendampingan serta tetap menjalankan tugas mengajar sebagai guru selama program penggerak dilaksanakan.

Hasil yang diharapkan dari program pendidikan guru penggerak adalah, menciptakan guru penggerak yang mampu mengembangkan diri melalui refleksi berbagi, kerjasama, dan mandiri, memiliki kedewasaan moral emosi dan spiritual untuk berprilaku sesuai dengan kode etik, merancang menjalankan merefleksikan dan mengevaluasi pembelajaran serta berkolaborasi dengan orangtua dan masyarakat.

Kebdepannya guru penggerak juga diharapkan dapat diarahkan sebagai kepala sekolah, pengawas, instruktur maupun sebagai narasumber.

Lanjutnya menyampaikan untuk menjadi program penggerak seseorang harus mengikuti program pendidikan selama 6 bulan dimana manfaatnya akan mengetahui dan belajar meningkatkan kompetensi, belajar mandiri dan berkelompok.

Untuk Kota Palopo sendiri program guru penggerak untuk angkatan 6 dilaksanakan mulai bulan April Tahun 2023 dimana tahap awal yang dilakukan, pendaftaran sebanyak 106 Orang hingga sampai lokakarya terakhir yang lulus dan hadir pada kegiatan ini sebanyak 34 Orang terdiri dari Guru SD sebanyak 13 0rang, Guru SMP 15 Orang, Guru SMA sebanyak 4 Orang dan Guru SMK sebanyak 4 Orang.

Baca Juga :   MB-Asman Cetak Sejarah Baru di Bumi Massenrempulu

Lokakarya ke 7 ini merupakan lokakarya yang terakhir pada pendidikan guru penggerak, selain melakukan evaluasi umum pelaksanaan guru penggerak juga berbagi aksi nyata dan berbagi praktik baik perencanaan program, dimana setiap kelompok juga melakukan kegiatan salah-satunya adalah melakukan panen hasil karya yan ditampilkan pada kegiatan tersebut.

Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Sulawesi – Selatan. Dr. Fardus, MM yang juga hadir pada kegiatan ini menjelaskan bahwa balai guru penggerak adalah salah satu dari 6 balai besar guru penggerak yang ada di Indonesia.

Adapun tujuannya akhir dari pendidikan ini ialah bagaimana agar anak-anak kita bisa menjadi pribadi yang utuh, tertanam nilai-nilai keimanan ketaqwaan dan nilai akhlaq.

dibaca : 103

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top