ikut bergabung

3 Keistimewaan Bulan Ramadan yang Ditunggu

Berita

3 Keistimewaan Bulan Ramadan yang Ditunggu

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Bulan Ramadan menjadi momen yang paling dinanti-nanti dan dirindukan umat Muslim dari berbagai belahan dunia. Itu karena banyak keistimewaan yang hanya ada di bulan Ramadan.

Keistimewaan bulan Ramadan tersebut dijelaskan dalam beberapa ayat Al-Qur’an dan hadist. Seperti amalan-amalan salat tarawih, bersedekah, dan pergi umrah saat bulan Ramadan.

Selain itu, terdapat beberapa keistimewaan lainnya yang juga ditunggu-tunggu umat Muslim. Simak ulasan berikut ini.

Bulan Pengampunan Dosa

Bulan Ramadan dikenal dengan waktu di mana dosa-dosa manusia diampuni Allah SWT. Salah satu caranya adalah menjalankan ibadah puasa. Mengenai hal tersebut, Nabi Muhammad SAW bersabda tentang makna puasa Ramadan yang diriwayatkan hadist Bukhari dan Muslim sebagai berikut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَاناً وَاحْتِسَاباً غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

Malam Lailatul Qadar

Salah satu yang menjadi pembeda bulan Ramadan dengan bulan-bulan lainnya adalah kehadiran Malam Lailatul Qadar. Sejumlah ayat Al-Qur’an menyebutkan malam Lailatul Qadar bertepatan dengan sepertiiga malam ganjil pada akhir bulan Ramadan.

Malam Lailatul Qadar disinggung dalam surat Q.S. Al-Qadar.

(1)إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ(2)وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ(3)لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ(4)تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (5)سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Baca Juga :   TK IT Al Fatih Sambut Ramadan dengan Pawai Keliling

Artinya: Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. (1) Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? (2) Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. (3) Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. (4) Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar (5)

Bulan Diturunkannya Al-Qur’an

Dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 185 disebutkan bahwa Al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadan. Berikut lafal ayat tersebut.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

Artinya: (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).  (**)

dibaca : 109



Komentar Anda

Berita lainnya Berita


Populer Minggu ini

Arsip

To Top