ikut bergabung

4.000 Bibit Pohon Ditanam di Lahan Kritis Tonasa


TANAM. Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni bersama jajaran ASN lingkup Pemkab Gowa dan masyarakat menanam pohon di Desa Tonasa, Tombolopao.(foto/ist)

Sulsel

4.000 Bibit Pohon Ditanam di Lahan Kritis Tonasa

GOWA, UJUNGJARI.COM — Ratusan pegawai ASN Pemkab Gowa bersama masyarakat Kecamatan Tombolopao melakukan aksi serentak menanam pohon di lahan kritis di kawasan hutan produksi Desa Tonasa, Tombolopao.

Penanaman yang dilakukan Rabu (22/3/2023) ini dipimpin langsung Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni diikuti para pimpinan SKPD hingga para pegawai lingkup Pemkab Gowa.

Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni mengatakan, penanaman pohon kali ini adalah yang kali kedua dilakukan jajaran Penkab Gowa pada tiga bulan lalu.

“Penanaman ini dilakukan tujuannya agar kita mampu memperbaiki lingkungan hidup yang ada di Kabupaten Gowa dan merimbunkan hutan,” kata Wabup Gowa.

Sebelumnya, kegiatan penanaman ini juga dilakukan pada 5 November 2022 dengan lokasi hutan produksi di Kecamatan Tombolopao dan Tinggimoncong.

“Kerusakan hutan ini lebih dari 2 juta hektar pertahun. Untuk itu sebagai bentuk kepedulian Pemkab Gowa dalam pelestarian lingkungan hidup maka kita melakukan penanaman pohon secara kontinyu setiap tiga bulan. Sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Gowa dalam pelestarian lingkungan hidup maka kita sudah agendakan melakukan penanaman pohon secara kontinyu per tri wulan,” jelas Rauf yang hadir di area penanaman didampingi istrinya, Mussadiyah Rauf.

“Pada musim kemarau kita mengalami kekeringan, ini pertanda bahwa hutan dan lingkungan kita mulai rusak, hutan dan lingkungan yang mulai rusak tidak dapat lagi berfungsi sebagai pengatur tata air bagi kehidupan manusia,” jelas Rauf.

Baca Juga :   Rauf Minta ASN Gowa Jadi Teladan bagi Masyarakat

Rauf pun berharap penanaman pohon ini bisa menjadi contoh bagi warga sekitar dan masyarakat Kabupaten Gowa secara keseluruhan untuk mulai membiasakan diri menanam pohon sejak dini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gowa Azhari Azis mengatakan, sebanyak 4.000 bibit pohon berbagai jenis disiapkan Pemkab Gowa. Kegiatan ini dilakukan melihat banyaknya lahan-lahan kritis yang memprihatinkan.

“Lahan yang kita gunakan tepatnya di Desa Tonasa ini memang cukup luas dan selama ini digarap oleh warga masyarakat, kondisinya pun kritis sehingga kami lakukan penanaman pohon disini. Sesuai dengan arahan Bapak Bupati Gowa kita akan melakukan penanaman ini tiga bulan sekali dan kita akan tetap meninjau lokasi ini untuk melihat apakah yang kita tanam pada hari ini bisa tumbuh atau tidak,” kata Azhari.

Adapun jenis bibit pohon yang ditanam di Tonasa seperti pohon bitti, mahoni, akasia, tembesu, jati putih dan berbagai jenis lainnya.

dibaca : 184

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top