ikut bergabung

Di Rakorsus, Balitbangda Makassar Ungkap Penetapan 170 Inovasi Lewat Perkada Sepanjang 2022


Makassar

Di Rakorsus, Balitbangda Makassar Ungkap Penetapan 170 Inovasi Lewat Perkada Sepanjang 2022

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Makassar telah menetapkan 170 inovasi melalui peraturan kepala daerah (perkada) sepanjang 2022.

Capaian realisasi program itu dipaparkan oleh Kepala Balitbangda Makassar Andi Bukti Djufri dalam Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) 2023 di Hotel Four Point by Sheraton, Rabu (15/3) dini hari tadi.

Andi Bukti Djufrie mengatakan ada beberapa capaian Balitbangda di bidang inovasi. Salah satunya memfasilitasi HAKI untuk enam inovasi unggulan Kota Makassar.

“Kita juga sudah menetapkan atau melegitimasi 170 inovasi melalui perkada, dan menyediakan inkubator inovasi,” kata Andi Bukti Djufrie.

Sedangkan program capaian Balitbangda di bidang riset melahirkan sembilan rekomendasi. Yakni empat rekomendasi riset kebijakan dan lima riset pembangunan.

Empat rekomendasi dari hasil riset kebijakan yakni Rekomendasi Naskah Akademik dan Ranperda Sombere and Smart City.

Rekomendasi Naskah Akademik dan Ranperda Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA). Ada juga Rekomendasi Kajian Kebutuhan Daerah Pendirian Makassar Incorporated BUMD Kota Makassar.

Dan keempat Rekomendasi Kajian Kelayakan Usaha PT Makassar Incorporated BUMD Kota Makassar.

Sedangkan di bidang riset pembangunan ada lima kajian yang dilahirkan. Yakni identifikasi banjir Kota Makassar, prototipe sumur resapan permukiman, Potensi UMKM Lorong Wisata.

Konsep Augmented Reality (AR) sebagai pengembangan Lorong Wisata, dan AR sarana promosi Lorong Wisata ‘Lorong Verse’.

Baca Juga :   Setelah Isoman, Nakes yang Terpapar Omicron Dinyatakan Sembuh

“Semua itu kita harap dapat menjadi perumusan landasan kebijakan bagi pemangku kepentingan sekaligus menstimulus lahirnya ide kreatif dan jnovasi di setiap OPD yang bermuara pada peningkatan daya sajng daerah dan perwujudan Makassar dua kali tambah baik,” tutup Bukti. (drw)

dibaca : 125



Komentar Anda

Berita lainnya Makassar

Populer Minggu ini

Arsip

To Top