ikut bergabung

Selangkah Lagi Gowa Masuk Tiga Besar se Indonesia Nominator Penghargaan Pembangunan Daerah


PRESENTASI. Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat melakukan presentasi secara virtual di The Rinra Hotel setelah Gowa lolos ke 16 Besar nominator PPD 2023.(foto/ist)

Sulsel

Selangkah Lagi Gowa Masuk Tiga Besar se Indonesia Nominator Penghargaan Pembangunan Daerah

GOWA, UJUNGJARI.COM — Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan adalah satu-satunya kabupaten di Sulsel yang masuk nominator kabupaten yang akan dinilai untuk Penghargaan Pembangunan Daerah

Dari program ini, Kabupaten Gowa masuk 16 besar kategori tersebut dan lolos ke tahap kedua untuk dinilai menjadi penerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2023.

Menuju fase penilaian tahap kedua itu, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan pun kembali melakukan presentasi dan wawancara terkait peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan sesuai tema Rencana Kinerja Pemerintah (RKP) tahun 2023 melalui Inovasi Kampung Rewako. Sekadar diketahui Kabupaten Gowa lolos karena inovasi Kampung Rewako yang dibentuk di seluruh kecamatan.

Adnan mengatakan, presentasi yang dilakukannya kali ini merupakan tahap kedua setelah presentasi pertama beberapa waktu lalu dan menjadikan Gowa masuk ke tahap dua penilaian.

“Alhamdulillah setelah penentuan tingkat provinsi kemarin, Gowa berhasil lolos dan masuk 16 besar kabupaten di seluruh Indonesia setelah melalui beberapa tahapan,” jelas Adnan usai melakukan presentasi secara virtual di Maccora Ballroom Hotel The Rinra Makassar, Senin (13/3).

Adnan menyebutkan, presentasi ini sebagai salah satu tahapan untuk menentukan tiga kabupaten terbaik di Indonesia, dimana setelah tahapan tersebut tim penilai akan melakukan peninjauan lapangan di Kampung Rewako, Desa Jenetallassa, Kecamatan Pallangga sebagai inovasi yang diangkat oleh Pemerintah Kabupaten Gowa dalam program PPD ini.

Baca Juga :   Wakili Bupati Pinrang, Sekda Hadiri Pelantikan Pemuda Muhammadiyah Pinrang

Dikatakannya, peninjauan lapangan oleh tim penilai PPD menurut rencana diagenda akhir Maret 2023 ini.

“Setelah ini akan ada verifikasi lapangan untuk melihat inovasi daerah. Hasilnya akan ditetapkan pada musrenbang nasional pada Mei untuk menetapkan tiga kabupaten, tiga kota dan tiga provinsi terbaik di seluruh Indonesia,” papar Adnan.

Terkait Kampung Rewako Jenetallasa yang dijadikan ikon dalam PPD ini, Adnan menjelaskan bahwa Inovasi Kampung Rewako Desa Jenetallasa dalam pengembangannya dikerjasamakan dengan Pemdes melalui Bumdes dan masyarakat, dimana seluruh pekerja merekrut warga sekitar untuk diberdayakan sehingga ada penghasilan.

“Dengan hadirnya Kampung Rewako ini pengangguran kita berkurang karena merekrut tenaga kerja dari masyarakat sekitar desa dan meningkatkan jumlah rumahtangga yang menjajakan dagangannya di jalur yang dilalui pengunjung menuju lokasi Kampung Rewako,” sebut Adnan.

dibaca : 90

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top