ikut bergabung

Petani Bolaromang Mulai Panen Bawang Merah Varietas Lokananta


PANEN. Sekkab Gowa Kamsina saat melakukan panen bawang merah Lokananta di Desa Bolaromang.(foto/ist)

Sulsel

Petani Bolaromang Mulai Panen Bawang Merah Varietas Lokananta

GOWA, UJUNGJARI.COM — Setelah tiga bulan usai ditanam, tanaman bawang merah program bantuan BTT tahun 2022 kini mulai dipanen. Bawang merah varietas Lokananta ini mulai ditanam di Gowa pada Desember 2022 lalu dan dipusatkan di Kecamatan Tombolopao, Kabupaten Gowa.

Varietas lokananta ini dikembangkan di atas lahan seluas 5 Ha oleh dua kelompok tani di Desa Bolaromang yang masing-masing mengelola lahan 2 dan 3 Ha.

Sabtu (11/3) lalu, bawang merah Lokananta ini pun dipanen oleh petani diawali oleh Sekretaris Kabupaten Gowa Kamsina bersama jajaran Dinas Pertanian Tanaman Pangan Gowa, Pemerintah Kecamatan Tombolopao, Pemerintah Desa Bolaromang dan jajaran pemerintah setempat.

Sekretaris Kabupaten Gowa yang juga Plt Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Gowa ini mengatakan Gowa siap swasembada bawang merah untuk menutupi kebutuhan di wilayah Gowa bahkan Sulawesi Selatan.

Dalam panen perdana bawang merah Lokananta ini, Kamsina mengatakan ditargetkan adanya peningkatan produksi bawang merah di beberapa wilayah Kabupaten Gowa pada 2023 ini.

“Panen bawang merah varietas Lokananta ini adalah panen perdana dari kegiatan bantuan BTT pada Desember tahun lalu. Dan setelah tiga bulan penanaman hasilnya sudah terlihat dan sangat bagus,” kata Kamsina.

Kamsina juga mengaku, sebelum kegiatan ini memang Gowa belum pernah melakukan produksi bawang merah dan selalu mengambil suplai dari daerah lain.

“Kami berharap bawang merah ini tidak dibeli dengan harga yang rendah agar petani – petani kita di Gowa juga bisa meningkat kesejahteraannya,” tambah Kamsina.

Baca Juga :   Sekda Takalar Tegaskan Pemberantasan Korupsi Harus Dimulai dari Birokrasi

Dia pun optimis hasil panen yang dilakukan hari ini, dapat menutupi kebutuhan bawang merah Kabupaten Gowa jelang Ramadan pertengahan Maret 2023.

“Memasuki bulan Ramadan, dengan hasil panen sebanyak ini kami percaya suplai bawang merah untuk Kabupaten Gowa dapat terpenuhi,” kata Kamsina.

Dia juga mengharapkan, pengembangan bawang merah Lokananta ini

Fajar berharap dengan dilaksanakannya panen perdana ini, dan hadirnya varietas lokananta di Kabupaten Gowa dapat mendongkrak pendapatan petani sehingga dapat lebih sejahtera dan juga menambah variasi jumlah tanaman hortikultura di Gowa.-

dibaca : 87



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top