ikut bergabung

Legislator Senayan Puji Program Bantuan Modal Usaha Pemkab Bantaeng


Foto/Ist: Anis Byarwati

Sulsel

Legislator Senayan Puji Program Bantuan Modal Usaha Pemkab Bantaeng

Dia menambahkan, sektor pertanian dan perkebunan memang masih menjadi penyumbang perputaran ekonomi masyarakat Bantaeng. Terbukti, penyumbang PDRB di Bantaeng masih didominasi oleh sektor pertanian sebesar 23 persen.

“Selebihnya memang banyak disumbang oleh industri. Tetapi kita di sektor pertanian dan peternakan masih terjaga stabilitasnya,” kata dia.

Dia mengatakan, pemerintah tetap berusaha untuk menekan cost (pengeluaran) para petani di Bantaeng. Selain melalui program asuransi pertanian dan peternakan, mereka juga mendapatkan beragam bantuan mulai dari benih, bibit dan pupuk.

Dia mencontohkan, pemerintah telah mengucurkan 1,7 juta bibit kakao, beberapa tahun lalu. Selain itu, ada pula bibit kopi dan pala, serta mendorong terciptanya kampung buah dan regenerasi pertanaman.

“Berkat intervensi-intervensi ini, kita bisa tetap surplus meski dalam kondisi apapun,” jelas dia.

Dia mencontohkan, pada pertengahan 2022, terjadi masa dimana cuaca tidak menentu. Intensitas hujan kadang terlalu tinggi, kadang pula terjadi kemarau. “Tetapi petani kita tetap produktif. Perputaran ekonomi tetap terjadi,” pungkasnya. (**)

Baca Juga :   Bupati MYL dan Deputi Kementerian UMKM Bahas Produksi Garam

dibaca : 68

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top