ikut bergabung

Kepala Bapenda Makassar Firman Pagarra Hadiri Rakornas Pendapatan Kemendagri

Foto/Ist: Firman Pagarra

Berita

Kepala Bapenda Makassar Firman Pagarra Hadiri Rakornas Pendapatan Kemendagri

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar Firman Pagarra menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pendapatan Daerah yang berlangsung Kamis hingga Sabtu, 2-4 Maret 2023 di Pulau Bali.

Kegiatan ini juga diikuti Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) seluruh pemerintah daerah di Indonesia.

Ditemui di kediaman pribadi Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto di Jalan Amirullah, Firman mengatakan Rakornas ini digelar oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI.

“Jadi, Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri mengundang seluruh pemerintah daerah beserta perangkat keuangan, termasuk BPKAD dan Badan Pendapatan Daerah untuk menghadiri Rakornas Pendapatan ini,” ungkap Firman, Rabu (1/3).

Dia mengemukakan Rakornas Pendapatan Daerah akan membahas Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 terkait hubungan keuangan pemerintah daerah dan pusat.

“Itu akan mejadikan dasar bagi kami semua di kabupaten/kota untuk mengambil langkah-langkah termasuk bagaimana peningkatan potensi PAD Kota Makassar ke depan,” kata mantan Kabag Humas Pemkot Makassar itu

Sebelumnya, Pemkot Makassar sudah terlebih dahulu menggelar Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) pendapatan di Bali pekan lalu.

Rakorsus itu digelar untuk menjalin sinergitas dan kolaborasi OPD dan BUMD dalam menggali potensi untuk optimalisasi menuju Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp2 triliun.

Dalam forum tersebut masing-masing jajaran direksi setiap BUMD untuk menaparkan strategi dan road map untuk mengoptimalisasi penerimaan retribusi layanan.

Baca Juga :   KPU Siapkan Ali Wirya Calon PAW Abdi Asmara di DPRD Makassar

Firman mengatakan, sengaja memilih Bali sebagai lokasi rakorsus karena sekalian ingin mengunjungi langsung Kabupaten Badung yang sukses dalam meningkatkan PAD.

“Kami memilih Bali karena kami ingin melihat langsung proses bagaimana terjadinya peningkatan PAD Kabupaten Badung yang sangat fantastis. Dan alhamdulillah, salah satu pejabat Bapenda Kabupaten Badung juga turut menjadi narasumber di Rakorsus Bapenda Kota Makassar,” tandas Firman. (rhm)

dibaca : 65



Komentar Anda

Berita lainnya Berita


Populer Minggu ini

Arsip

To Top