ikut bergabung

ISMAHI Sulsel Tantang Kejati Usut Tuntas Dugaan Korupsi di Dinkes Parepare


Irvan Sabang

Berita

ISMAHI Sulsel Tantang Kejati Usut Tuntas Dugaan Korupsi di Dinkes Parepare

MAKASSAR, UJUNGJARI–Koordinator Wilayah Ikatan Senat Mahasiswa Hukum Indonesia (ISMAHI) Sulawesi Selatan, meminta kepada Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan yang baru untuk mengusut tuntas dugaan korupsi dana kesehatan di Dinkes Parepare.

Catatan tersebut merupakan hasil kajian ISMAHI Sulsel dalam merespon upaya penegakan hukum terhadap tindak kejahatan perilaku korupsi yang dilakukan oleh oknum pejabat di Wilayah Sulawesi Selatan. ISMAHI Sulsel menilai selama ini masih banyak kepala daerah dan pejabat pemerintahan daerah yang belum tersentuh hukum atas dugaan praktik korupsi di daerah yang berdampak pada tingkat kualitas pelayanan publik di daerah.

Upaya penindakan pelaku tindak pidana korupsi saat ini juga menjadi perhatian utama Presiden Joko Widodo, dalam keterangan pers yang disampaikan di Istana Merdeka, pada Selasa, 07 Februari 2023, Presiden Joko Widodo menegaskan komitmen Pemerintah memberantas korupsi tidak pernah surut.

“ISMAHI Sulsel sebagai organisasi eksternal Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)/ Senat Fakultas Hukum mengucapkan selamat bertugas kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, Bapak Leonard Eben Ezer Simanjuntak, dan sekaligus kami memberikan catatan kepada pimpinan Kejati Sulsel yang baru untuk segera menuntaskan kasus-kasus korupsi. Salah satunya, kasus dugaan korupsi dana Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kota Parepare yang merugikan keuangan negara sebesar Rp6,3 Miliar. Kasus ini harus diungkap secara terang benderang dan menemukan siapa orang yang melatarbelakangi praktek korupsi tersebut.
Catatan kami ini selain berdasarkan hasil kajian dan juga sejalan dengan komitmen Presiden Joko Widodo bahwa komitmen pemerintah memberantas korupsi tidak pernah surut”, tegas Irvan Sabang, selaku Plt. Koorwil ISMAHI Sulawesi Selatan (28/02/2023).

Baca Juga :   Di Pangkep Sekjen KPU Pusat Disambut Demo, Di Barru Disuguhi Tari Paduppa

ISMAHI menilai kasus tersebut sangat mungkin diungkap jika aparat penegak hukum mempunyai keberanian dan komitmen dalam menjalankan tugas berdasarkan kewenangan yang diberikan oleh hukum. Alasannya terdapat bukti kuat bagi penegak hukum jika ingin menguber pelaku utama dalam kasus tersebut.

“kami menanti keberanian Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam mengorganisasikan perangkatnya di daerah untuk mengejar pelaku utama kasus korusi dana kesehatan pada Dinas Kesehatan Kota Parepare. Menurut kajian kami walaupun sudah ada pejabat daerah yang dihukum berdasarkan putusan pengadilan, namun masih menyisahkan pertanyaan besar bagi publik, karena seperti yang kita ketahui bersama, dalam pertimbangan Putusan Mahkamah Agung RI Nomor: 2299 K/PID.SUS/2021 yang pada pokoknya menolak Permohonan Kasasi JPU dan Terdakwa Muhammad Yamin, dan memperbaiki Putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Nomor: 31/Pid.Sus-TPK/PT MKS, terungkap fakta-fakta persidangan yang menerangkan keterlibatan beberapa pejabat pemerintahan Kota,” pungkas Irvan Sabang.

dibaca : 158

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top