ikut bergabung

Cura’ La’ba Gowa Kembali Ramaikan Inacraft 2023 di JCC


PROMOSI. Priska Adnan saat mempromosikan sejumlah produk baju adat dan sarung tenun sutera cura' la'ba kepada pengunjung di Inacraft di JCC. (foto/ist)

Nasional

Cura’ La’ba Gowa Kembali Ramaikan Inacraft 2023 di JCC

GOWA, UJUNGJARI.COM — Kembali lagi kain tenun sutera Gowa menghiasi arena pameran produk di Jakarta Convention Centre (JCC). Kali ini Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gowa ikut ambil bagian pada Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2023 yang ke 23 kalinya digelar di JCC tersebut.

Dalam event tahunan yang dibuka resmi pada Rabu (1/3/2023) ini Dekranasda Gowa menghadirkan sejumlah produk unggulan diantaranya adalah kain tenun sutera khas Gowa bermotif cura’ la’ba yang ditenun secara manual. Selain kain tenunan, juga dipamerkan produk kerajinan tangan lainnya seperti tas anyaman berbahan bambu.

Pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara ini mengusung tema ‘The Authentic South Sulawesi’ dengan menghadirkan berbagai produk kerajinan tangan dari seluruh Indonesia.

“Gowa memiliki banyak produk dari pengrajin lokal yang tidak kalah bersaing dengan daerah lain. Salah satunya tenun sutera dengan motif cura’ la’ba. Tenunan khas kita ini berasal dari pengrajin binaan kami di Kecamatan Pallangga dan Bontonompo, sedangkan tas anyaman bambu dari pengrajin asal Kecamatan Bontolempangan,” jelas Priska Paramita Adnan selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Gowa.

Priska yakin, kain tenun sutera asal Gowa akan kembali jadi idola di pameran tersebut. Inacraft 2023 ini menurut Priska menjadi satu wadah yang cukup bagus karena di ajang inilah seluruh produk unggulan daerah di Indonesia dapat terlihat. Demikian pula dengan kain tenun sutera sabbe atau cu’ra la’ba asal Gowa.

Baca Juga :   Selasa Karama...Jaksa Tahan Badan Pengawas PDAM Takalar

Dalam opening ceremony Inacraft 2023 ini, turut hadir Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama Sekretaris Kabupaten Gowa Kamsina sekaligus Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Gowa.

Di tengah pembukaan yang juga dihadiri Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki, Ketua Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) Muchsin Ridjan, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman serta para Bupati dan Walikota se Sulsel, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan yang juga adalah Sekjen Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia ini mengaku sangat mendukung dan menyambut positif keikutsertaan Dekranasda Gowa pada event Inacraft tersebut.

Menurut Adnan melalui Inacraft ini Dekranasda dapat memperkenalkan produk Gowa secara langsung pada tingkat nasional bahkan mancanegara dimana event Inacraft ini merupakan event terbesar kerajinan di Asia Tenggara dan pada tahun ini Sulawesi Selatan menjadi tuan rumah, maka seluruh kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan berpartisipasi dalam event Inacraft ini.

dibaca : 141

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Nasional

Populer Minggu ini

Arsip

To Top