ikut bergabung

Panglima Laskar Ayam Jantan, Daeng Uki Resmi Pimpin Presidium Suporter Indonesia


Berita

Panglima Laskar Ayam Jantan, Daeng Uki Resmi Pimpin Presidium Suporter Indonesia

JAKARTA, UJUNGJARI.COM — Menpora Zainudin Amali resmi mengukuhkan kepengurusan Presidium Nasional Suporter Sepakbola Indonesia (PN-SSI) periode 2023-2027. Organisasi ini diketuai Uki Nugraha alias Daeng Uki yang dikenal sebagai Panglima Laskar Ayam Jantan, kelompok suporter PSM Makassar.

Acara pengukuhan dilakukan di Wisma Kemenpora, Jakarta, pada Rabu (22/2/2023). Pengukuhan dihadiri Sekretaris Jenderal KONI Pusat Ade Lukman, Asisten Kapolri bidang Operasi (asops) Irjen Agung Setya Imam Effendi, serta Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno.

Organisasi itu dipimpin oleh Uki Nugraha dan Tommy Ermanto sebagai Wakil Ketua. Sedangkan Budiman A. Dalimunthe bersama tiga orang lainnya bertugas sebagai Dewan Pengawas PN-SSI. Sejauh ini, Budiman merupakan Ketua Divisi Pembinaan Suporter PSSI kepemimpinan Mochamad Iriawan.

“Sore ini menjadi hari yang bersejarah bagi sepakbola Indonesia sesuai arahan Undang-Undang No.11 tahun 2022 tentang Keolahragaan. Ada pasal yang mengatur tentang suporter terkait hak dan kewajiban itu diatur dan beberapa waktu yang lalu,” kata Amali usai pengukuhan, Rabu (22/2/2022).

“Kami sudah mempersiapkan ini, dan akhirnya terbentuk presidium yang menaungi suporter ini. Dan saya berharap nanti tidak hanya ditingkat pusat tapi akan terbentuk di daerah-daerah. Dan yang paling utama adalah di klub-klub baik di Liga 1, Liga 2, dan Liga 3, karena perintah Undang-Undang mereka harus berada dalam satu organisasi,” sambungnya.

Baca Juga :   Per Januari 2022, Pemilih di Sulsel 6.123.235 Orang

Nantinya, presidium ini akan berada di bawah Komite Ad Hoc Suporter yang rencananya akan dibentuk PSSI.

“Mereka kemungkinan akan diwadahi oleh Komite Suporter yang dibentuk,” sebut Amali yang juga Waketum PSSI.

Selain Uki Nugraha, juga ada perwakilan suporter PSM lainnya yang juga masuk dalam kepengurusan PN-SSI. Mereka adalah Sadakati Sukma yang menjabat sebagai Wasekjen dan Ocha Alim sebagai dewan pengawas.

“Kita berharap dengan ada PN-SSI ini ke depannya seluruh tim yang bermain, suporter bisa hadir tanpa ada gesekan, tanpa ada perpecahan lagi,” harap Sadakati Sukma, Rabu (22/2/2022). (**)

dibaca : 142



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top