ikut bergabung

JK Tegaskan Proyek PLTA Malea di Toraja Tidak Pakai Tenaga Kerja Asing


JUSUF KALLA. Mantan Wapres HM Jusuf Kalla meninjau pembangunan PLTA Malea di Tana Toraja, Selasa (21/2). (Foto: Agus Burhan)

Berita

JK Tegaskan Proyek PLTA Malea di Toraja Tidak Pakai Tenaga Kerja Asing

MAKALE, UJUNGJARI.COM–Mantan Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla (JK), Selasa (21/2) melakukan kunjungan kerja ke PT Malea Energi di Tana Toraja.

Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung dan Manager PLTA Malea, Victor Datuan Batara (VDB) mendampingi JK dalam kunjungan itu.

JK mengkatakan proggres pembangunan PLTA Malea jauh lebih maju dari pembangunan lainnya. Semua tenaga kerjanya juga memprioritaskan tenaga lokal.

“Tidak ada tenaga asing, toh hasil dan kualitasnya bagus. Mereka sudah terampil,” kata Jusuf Kalla.

JK menargetkan tahun ini PLTA Malea unit III yang berkapasitas 3×75 MW itu sudah bisa beroperasi. Apalagi permintaan listrik belakangan ini makin tinggi.

“Saya berharap hadirnya PT Malea di Toraja kebutuhan listrik di Sulsel akan terpenuhi, apalagi Toraja sebagai daerah tujuan wisata. Demikian pula pemerintah Indonesia sedang beralih dari pembangkit listrik energi fosil ke energi terbarukan dan PT Malea paling maju di Sulawesi,” katanya.

Ia menambahkan program strategis mendesak PT Malea yakni menjaga ekosistem lingkungan hidup agar debit air Sungai Saddang tetap terjaga. Penghijauan sekitar kawasan PT Malea segera dilaksanakan kerja sama Pemda Tana Toraja.

“Bupati bisa segera rencanakan programnya kemudian kita eksekusi bersama. Air bersih dan jernih sungai Saddang hendaknya terjaga. Kalau bisa air langsung diminum seperti dulu tanpa pencemaran. Kita target program penghijauan tuntas 5 tahun ke depan,” ujar JK.

Baca Juga :   Jaksa Tahan Dua Tersangka Kasus Korupsi Dana Pensiun dan Bonus PDAM Makassar 

Sementara itu Bupati Tator, Theofilus Allorerung mengatakan program penghijauan PLTA Malea akan segera ditindaklanjuti perencanaan kolaborasi kehutanan dan lingkungan hidup.

“Pemda Tana Toraja perioritaskan penghijauan sekitar kawasan Malea sebab kualitas ketersediaan air komitmen kita bersama mendukung pemulihan ekonomi,” kata Theo. (agus).

dibaca : 204



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top